Warga Pontianak Antusias Mengunjungi Kalbar EXPO 2017

Kalbar Expo 2017
Kalbar Expo 2017

Kalimantan Barat yang juga memiliki nama Sai-gia-li-man-dang dalam bahasa Tiociu adalah sebuah provinsi di Indonesia dan termasuk lima provinsi di Kalimantan, dimana untuk Kalimantan sendiri terdapat Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara.

Ibukota Kalimantan Barat adalah Pontianak, yang terdapat beberapa sub etnis yaitu etnis Dayak, Melayu, Cina, Jawa, Bugi dan Madura. Kalimantan Barat memiliki sungai kapuas yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia.

Kalimantan Barat memiliki julukan provinsi dengan ribuan sungai, hal ini dikarenakan letak geografi yang memiliki banyak sungai. Selain itu Kalimantan Barat juga memiliki banya pulau dan juga Kabupaten.

Seperti dilansir dari sebuah sumber, yang menarik dari Kalimantan Barat adalah provinsi ini memiliki banyak potensi kebudayaan, uniknya meskipun terdiri dari ribuan kebudayaan, Kalimantan Barat mendapat predikat sebagai provinsi paling toleran di Indonesia.

Hal ini tak lepas dari sebuah pepatah suku Dayak di Kalimantan Barat yang berbunyi “Tamu diberi makan, Melayu diberi beras”. Yang memiliki arti bahwasanya masyarakat Dayak sangat menghargai perbedaan sehingga apabila sesama Dayak yang bertamu diberi makanan yang sama dengannya, jika Melayu (identik Islam) yang bertamu akan diberi beras supaya masak sendiri dan nanti dimakan bersama.

Dan ada juga pepatah suku Melayu yang berbunyi “Awak datang Kame’ sambot”  hal ini berarti bahwasanya siapapun yang datang untuk bertamu atau menetap di daerah warga Melayu akan di sambut baik oleh seluruh warga

Belajar dari beberapa kasus yang pernah terjadi di provinsi ini yaitu kasus kerusuhan Sambas, Sanggau Ledo. Maka, setiap terjadi sebuah konflik maka langsung dapat diselesaikan kapan pun. Sehingga rasa kekeluargaan di Kalimantan Barat mulai tumbuh walau berbeda suku dan agama.

Jika berkunjung ke Kalimantan Barat maka jangan lupa pergi ke Tugu Khatulistiwa sebab Tugu ini menjadi salah satu icon wisata di Kalimantan Barat dan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Selain karena memiliki keunikan dan terdapat beberapa event tugu ini juga memiliki sejarah yang panjang dan menarik.

Pada tanggal 10-13 Agustus 2017 diadakan sebuah pameran yang bertajuk Kalbar Expo/ Pameran ini diadakan di PCC Jalan Sultan Syahrir Pontianak.  Terdapat beberapa Pameran didalamnya termasuk pameran dari Rumaktif, pameran dari beberapa Kabupaten dan sebagainya.

Pameran ini ramai dikunjungi warga setempat, terbukti dengan antusiasnya warga yang berbondong hadir di pameran ini. Mulai hari Kamis tanggal 10 Agustus 2017.

Selain itu warga juga dapat menyaksikan tarian-tarian yang diadakan di panggung indoor gedung dan bagi yang memiliki hewan peliharaan maka warga juga mendapatkan vaksin untuk hewan peliharaanya baik kucing maupun anjing. Vaksin ini berfungsi untuk mencegah terjadinya rabies.

Lapar ? jangan khawatir sebab terdapat beberapa menu kuliner nusantara di luar gedung PCC. Tentu dengan harga yang relatif murah.

0 komentar pada “Warga Pontianak Antusias Mengunjungi Kalbar EXPO 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *