Wacana Heboh Jembatan Pelangi Kapuas di Dunia Maya
Setiap kota di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing
seperti Jembatan Ampera, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Kuta Bali dan
sebagainya. Untuk Kalimantan Barat terdapat sungai kapuas yaitu Sungai terpanjang
di pulau Kalimantan dan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan
panjang mencapai 1.143 km.
seperti Jembatan Ampera, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Kuta Bali dan
sebagainya. Untuk Kalimantan Barat terdapat sungai kapuas yaitu Sungai terpanjang
di pulau Kalimantan dan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan
panjang mencapai 1.143 km.
Nama sungai Kapuas diambil dari nama daerah Kapuas (sekarang
Kapuas Hulu) sehingga nama sungai yang mengalir dari Kapuas Hulu hingga
muaranya disebut sungai Kapuas, namun Kesultanan Banjar menyebutnya Batang
Lawai yang mengacu pada nama daerah Lawie atau Lawai (sekarang Kabupaten
Melawi) sehingga nama sungai yang mengalir dari Kabupaten Melawi hingga
muaranya di sekitar kota Pontianak disebut Sungai/Batang Lawai.
Kapuas Hulu) sehingga nama sungai yang mengalir dari Kapuas Hulu hingga
muaranya disebut sungai Kapuas, namun Kesultanan Banjar menyebutnya Batang
Lawai yang mengacu pada nama daerah Lawie atau Lawai (sekarang Kabupaten
Melawi) sehingga nama sungai yang mengalir dari Kabupaten Melawi hingga
muaranya di sekitar kota Pontianak disebut Sungai/Batang Lawai.
Sungai Kapuas merupakan rumah dari lebih 700 jenis ikan
dengan sekitar 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah.
Potensi perikanan air tawar di sungai Kapuas adalah mencapai 2 juta ton. Hutan
yang masih terlindungi dengan baik menyebabkan sungai Kapuas terjaga
kelestariannya.
dengan sekitar 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah.
Potensi perikanan air tawar di sungai Kapuas adalah mencapai 2 juta ton. Hutan
yang masih terlindungi dengan baik menyebabkan sungai Kapuas terjaga
kelestariannya.
Untuk menikmati Keindahan sungai kapuas dan melihat secara
langsung kegiatan masyarakat disetiap pesisirnya ini, anda bisa menggunakan
kapal wisata yang terparkir di taman alun kapuas, jalan rahadi oesman pontianak
atau di cafe serasan, pontianak timur. Kapal wisata tersebut akan membawa anda
/ wisatawan / turis mengarungi keindahan kota pontianak dengan rute taman alun
kapuas melewati masjid jami sultan syarif abburrahman alkadri, jembatan kapuas
satu hingga cafe serasan dan kembali lagi ketempat di mana anda naik. Untuk
dapat berlayar dengan Kapal wisata sungai kapuas ini, anda akan dikenakan biaya
Rp10000 [tarif kapal wisata di taman alun kapuas] hingga Rp 15000 [tarif kapal
wisata di cafe serasan, pontianak timur].
langsung kegiatan masyarakat disetiap pesisirnya ini, anda bisa menggunakan
kapal wisata yang terparkir di taman alun kapuas, jalan rahadi oesman pontianak
atau di cafe serasan, pontianak timur. Kapal wisata tersebut akan membawa anda
/ wisatawan / turis mengarungi keindahan kota pontianak dengan rute taman alun
kapuas melewati masjid jami sultan syarif abburrahman alkadri, jembatan kapuas
satu hingga cafe serasan dan kembali lagi ketempat di mana anda naik. Untuk
dapat berlayar dengan Kapal wisata sungai kapuas ini, anda akan dikenakan biaya
Rp10000 [tarif kapal wisata di taman alun kapuas] hingga Rp 15000 [tarif kapal
wisata di cafe serasan, pontianak timur].
Berikut adalah beberapa kegiatan yang sering dilakukan di
sungai kapuas.
sungai kapuas.
1. Kalbar Regatta
2. Festival Kapal Hias
3. Tari Melayu diatas SAMPAN
4. Wisata Sungai Kapuas
5. Meriam Karbit
6. Upacara Adat
7. MANDI U-SHI
8. Taman Alun Kapuas Pontianak yang CANTIK
9. Budidaya Ikan Mas dan Nila
Di kota Pontianak sendiri terdapat jembatan Kapuas yang
didirikan tahun 1980 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1982.
Jembatan yang dibangun dengan dana Rp6,06 miliar ini pada awalnya difungsikan
sebagai jalan tol yang berarti setiap pengguna jembatan ini dipungut tarif tol.
Namun karena jembatan ini dianggap sudah menjadi jalur utama dan tidak ada
jalur alternatifnya, pungutan tarif tol dihapus pada pertengahan 1990-an dan
jembatan ini bebas dilalui pengendara. Akibat terus meingkatnya volume
kendaraan yang melintasi jembatan Kapuas I, maka pemerintah mewujudkan
pembangunan jembatan Kapuas II yang berada di Sungai Raya. Sedangan Jembatan
kapuas II diresmikan tahun 2003 dan diresmikan penggunaannya oleh Presiden
Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2007. Jembatan yang menghabiskan dana Rp110
miliar ini dibangun untuk menampung mobilitas kendaraan yang sudah tidak mampu
ditampung Jembatan Kapuas I.
didirikan tahun 1980 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1982.
Jembatan yang dibangun dengan dana Rp6,06 miliar ini pada awalnya difungsikan
sebagai jalan tol yang berarti setiap pengguna jembatan ini dipungut tarif tol.
Namun karena jembatan ini dianggap sudah menjadi jalur utama dan tidak ada
jalur alternatifnya, pungutan tarif tol dihapus pada pertengahan 1990-an dan
jembatan ini bebas dilalui pengendara. Akibat terus meingkatnya volume
kendaraan yang melintasi jembatan Kapuas I, maka pemerintah mewujudkan
pembangunan jembatan Kapuas II yang berada di Sungai Raya. Sedangan Jembatan
kapuas II diresmikan tahun 2003 dan diresmikan penggunaannya oleh Presiden
Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2007. Jembatan yang menghabiskan dana Rp110
miliar ini dibangun untuk menampung mobilitas kendaraan yang sudah tidak mampu
ditampung Jembatan Kapuas I.
Sayangnya Jembatan Kapuas yang berada di Pontianak terkesan
sedikit kumuh sehingga baru-baru ini muncul viral di sosial media Facebook yang
ingin menjadikan Jembatan Kapuas sebagai Jembatan Pelangi Kapuas. Seperti yang
terdapat di foto diatas. Status ini sontak menjadi populer di kota Pontianak
hanya dalam waktu sekejap
sedikit kumuh sehingga baru-baru ini muncul viral di sosial media Facebook yang
ingin menjadikan Jembatan Kapuas sebagai Jembatan Pelangi Kapuas. Seperti yang
terdapat di foto diatas. Status ini sontak menjadi populer di kota Pontianak
hanya dalam waktu sekejap