Menikmati Sate Taichan Mayonnaise Kafe Tanjung di Pontianak Food Festival

Menikmati Sate Taichan Mayonnaise Kafe Tanjung di Pontianak Food Festival
Menikmati Sate Taichan Mayonnaise Kafe Tanjung di Pontianak Food Festival

Menikmati Sate Taichan Mayonnaise Kafe Tanjung di Pontianak Food Festival – Setioko Mungkin sebagian dari kalangan masyarakat beranggapan  bahwa Sate Taichan berasal dari Thailand atau Sejarah Sate Taichan sendiri berasal dari Indonesia,  meskipun memiliki nama yang asing kedengarannya.

Sate Taichan ini berasal dari Jakarta, berdasarkan dari literature yang ada, terdapat beberapa versi akan hadirnya sate ini.  Awalnya, ada seorang pasangan muda-mudi (sang pria berasal dari Jepang sementara wanita asli Indonesia) yang ingin membeli sate di kawasan Senayan, Jakarta, kisaran tahun 2012.

Pria Jepang itu mengaku tidak suka dengan bumbu kacang khas Madura yang menjadi bumbu sate di warung makan tersebut. Ia pun berinisiatif untuk membakar sendiri daging ayam mentah yang sudah ditusuk dengan lumuran garam dan jeruk nipis, tanpa kecap dan sambal. Setelah matang, ia meminta sambal ke pedagang tersebut sebagai pendamping sate. Ketika sang pedagang sate menanyakan apa sate yang sedang ia bakar, pria Jepang itu menjawab “sate taichan” saja, tanpa tahu alasan di balik pemilihan nama tersebut

Versi lain dari kemunculan sate taichan adalah kehadiran ekspatriat Korea Selatan yang sering makan sate ayam di sebuah warung sate, masih di kawasan Senayan, Jakarta.

Karena sudah sering makan di warung tersebut, ekspatriat tersebut jadi saling kenal dengan pemilik warung. Pria Korea Selatan pun kemudian mengajari pemilik warung cara lain membuat sate yang menjadi cikal bakal sate taichan. Saat itu, bumbu yang digunakan adalah semua irisan bumbu seperti cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, dan garam. Belakangan, bumbu iris tersebut kemudian dihaluskan sehingga menjadi sambal pendamping daging sate polos.

Menikmati Sate Taichan Mayonnaise Kafe Tanjung di Pontianak Food Festival

Sekitar tahun 2017 Sate ini menjadi Primadona yang sering dibicarakan lewat media social. Sebenarnya, sate taichan adalah sate yang sangat sederhana. Terbuat dari daging ayam yang dibumbui dengan garam dan jeruk nipis, lalu dibakar diatas bara atau bisa juga digoreng di atas wajan dengan minyak sedikit. Sate ini dihidangkan dengan sambal yang pedas, lontong, dan irisan jeruk nipis.

Berbeda dengan sate biasanya, penampilan sate yang satu ini putih karena tidak menggunakan kecap atau bumbu kacang di dalamnya.

Meskipun demikian sate ini sendiri telah mengalami berbagai macam modifikasi, salah satunya adalah dengan menggunakan Mayonnaise seperti yang dilakukan oleh Kafe Tanjung yang beralamat di Jalan Tanjung Raya 2 ini.  Bisa dibilang ada rasa tersendiri ketika kita Menikmati Sate Taichan Mayonnaise Kafe Tanjung  ini.   Yaitu sambal yang dibuat memiliki ciri khas tersendiri karena  menggabungkan berbagai macam rempah-rempah seperti Jahe dan Saos Barbeque.

Setioko sendiri telah Menikmati Sate Taichan Mayonnaise Kafe Tanjung di Pontianak Food Festival Ya, di acara Pontianak Food Festival karena Kafe Tanjung menjadi bagian dari peserta acara yang diselenggarakan di Parkiran A Yani Mega Mall ini.

Menikmati Sate Taichan Mayonnaise Kafe Tanjung di Pontianak Food Festival

 

Terdapat varian rasa daging yang dijual seperti daging ayam dan cumi tentu dengan varian harga yang berbeda pula

 

 

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *