Press Confrence : Festival Durian 2019 Pontianak

Setioko – festival durian Berdasarkan literatur Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri.

Sebutan populernya adalah “raja dari segala buah” (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, tetapi sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.  

Durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio. Namun, yang dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adalah Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadangkala ditemukan di pasar tempatan di Asia Tenggara di antaranya adalah lai (D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura-kura atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). Untuk selanjutnya, uraian di bawah ini mengacu kepada D. zibethinus.

Di Kalimantan Barat sendiri setiap Agustus maupun Januari dikenal dengan nama musim buah Durian,hal ini lantaran banyaknya Durian yang hadir di bulan tersebut terutama di kota Pontianak.

Kalimantan Barat dengan 146.807 km memiliki plasma nutfah tanaman durian yang melimpah. Hampir di setiap 14 kabupaten atau kota di daerah tersebut memiliki sentra durian alam. Berbagai jenis durian baik mulai dari bentuk, cita rasa, warna dan beberapa hal lainnya ada di Kalimantan Barat.

Saat ini beberapa jenis durian lokal Kalimantan Barat sudah ditetapkan menjadi varietas unggul nasional oleh Menteri Pertanian. Jenis dan asal daerah durian tersebut yakni Durian Balening, Durian Jemungko Kuning, Durian Serumbut, Durian Slipi, Durian Tembaga berasal dari Kabupaten Sanggau, Durian Jarum Mas dari Kabupaten Kubu Raya dan Durian Empakan dari Kapuas Hulu

Sehingga selain sebagai penghasil lidah buaya, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan menggelar festival durian yang akan di helat pada tanggal 17 – 31 Agustus 2019. Sedangkan pada tanggal 23-24 Agustus nanti akan digelar Makan Durian Gratis di Mega Mall Pontianak.

Sebagai awal dari rangkaian acara tersebut maka pada tanggal 16 Agustus 2019 telah di gelar Jumpa Pers atau Pers Confrence di Dinas Pertanian Jalan Alianyang Pontianak. Pada kesempatan itu pula wartawan, blogger serta para Jurnalis turut hadir untuk mencicipi Durian Gratis sepuasnya.

festival Durian sendiri akan menjadi event Internasional di Kalimantan Barat selain Festival Meriam Karbit serta Tugu Khatulistiwa.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *