Pengenalan Website Dan Pengenalanku terhadap dunia web

Pengenalan Website Dan Pengenalanku terhadap dunia web – Website adalah sering juga disebut Web, dapat diartikan suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.

Atau definisi website adalah kumpulan dari berbagai macam halaman situs, yang terangkum didalam sebuah domain atau juga subdomain, yang lebih tempatnya berada di dalam WWW (World Wide Web) yang tentunya terdapat di dalam Internet. Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang bisa diakses melalui HTTP, HTTP adalah suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.

Pengenalan Website Dan Pengenalanku terhadap dunia web Aku sendiri pertama kali mulai belajar internet adalah ketika duduk di bangku SMU tepatnya kelas Satu. Ketika itu aku diajak oleh temanku Alm. Mohdar ke rumah remaja / citra remaja khatulistiwa. Ketika itu belum mengenal namanya Google sehingga Yahoo menjadi satu-satunya tempat kami melakukan browsing. Dan menggunakan internet Explorer.

Hal inilah yang membuatku tertarik sehingga terkadang aku sering terlambat sekolah hanya untuk browsing, kebetulan ketika itu aku bersekolah di SMU Muhammadiyah Satu Pontianak dimana jadwal sekolah kami adalah siang hari.

Warnet ketika itu belumlah menjamur sehingga bisa bermain internet merupakan satu-satunya kemewahan yang sempat kami rasakan. Lulus SMU aku kuliah di STMIK AKAKOM Jogjakarta, sebetulanya Akakom bukanlah tujuan utamaku melainkan Amikom, sebab aku tertarik dengan Multimedia yang mereka punya.

Ketika aku kuliah, aku sempatkan diri bergabung ke berbagai UKM dan disitulah sebenarnya jiwa organisasiku terbentuk dan mulai suka dengan komunitas, salah satu komunitas yang kuikuti adalah UKM Wamika. Disitu aku berkenalan dengan para pakar programmer termasuk Bunafit Nugroho S.Kom salah seorang mahasiswa asal Lampung yang memang beliau mendalami Pemrograman Website.

Beliau menggunakan Dreamweaver serta Bahasa serverside PHP dan MySQL. Beliau menjuarai lomba website STMIK AKAKOM Sehingga beliau dikontrak untuk membuat website Kampus. Aku juga berkenalan dengan Gumilang Sandri Mahasiswa asal Riau seorang pakar Linux serta jaringan, sayang aku tak menemukan alamat media sosialnya.

Di Kampusku ada namanya lab Tugas Akhir dan Lab Internet dimana kedua lab itu menjadi satu-satunya fasilitas mewah bagi kami untuk bermain internet. Saat itu belum ada jaringan Gprs jangankan 4G handphone polyphonic berwarna menjadi sebuah kemewahan bagi kami.

Warnet adalah satu-satunya hiburan bagiku untuk melampiaskan rasa kegalauan, Warnet Merapi yang beralamat di depan Hotel Ambarukmo menjadi hiburan termewah bagiku karena harganya yang sedikit mahal tapi kita bisa memburning CD yang berisikan lagu-lagu mp3.

Aku pernah menemukan situs Orangedan.net buatan Hernando Ramsis. Situs flash sehingga aku sering berfikir jika aku bisa membuat situs flash seperti itu wah hebat aku bisa menjadi kaya raya. Beliau animator edan dan sayangnya saat ini situs beliau mati. Memang di Google masih terdapat url orangedan.net tapi isi dari situs url tersebut hanyalah cache dari peninggalan orangedan.net. aku yakin jika situs ini masih hidup maka situs ini jarang di kunjungi, sebab Hernando menggunakan flash sedangkan mobile phone tidak bisa menerima Flash melainkan html5.

Situs ini berbasis clientside / statis atau jaman sekarang bisa dikategorikan sebagai Landing Page. Apa itu Landing Page ? Landing page adalah halaman dalam website yang didesain khusus dengan mindset marketing. Halaman inilah yang ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar (paid search).

Berbicara mengenai Landing Page, aku pernah memiliki Landing page / Website Client Side di Freewebs.com/setioko2020. Selain itu aku pernah membuat situs client side channel Mirc #Pontianak. Oh ya jauh sebelum ada whatsapp Mirc satu-satunya hiburan chatting bagi kami mahasiswa.

Aku ingat sekali waktu itu segala file .html di simpan lewat floppy disk.. Bangga sekali waktu itu bisa membuat website yang hanya di desain lewat Macromedia Dreamweaver MX dan Macromedia Fireworks MX Oh ya, Macromedia saat ini sudah di akusisi oleh Adobe.

Tahun 2006 aku sidang Tugas Akhir saat itu materi Tugas Akhirku adalah Web Portal Untuk Anak-anak Islami, saat itu bisa membuat portal merupakan suatu kebanggaan dibandingkan zaman sekarang dimana saat ini untuk membuat web portal bisa install lewat WordPress atau custom code framework dimana tutorial membuat webportal sudah tersebar dimana-mana.

Apa itu Web Portal ? Web portal adalah situs web yang digunakan untuk tujuan tertentu dan mengarahkan pembaca supaya melihat, membaca, dan berinteraksi dengan informasi pada situs website tersebut. Secara teknis, portal merupakan penyedia layanan informasi khusus untuk menarik minat pembaca agar masuk pada halaman website yang dicari, serta dapat diakses melalui berbagai perangkat seperti desktop, mobile, dan tablet.

Aku membangun web portal untuk Tugas akhirku tidak menggunakan Backend, hanya coding dan pure coding dimana refrensiku adalah buku portal karya Bunafit Nugroho S.Kom serta Abdul Kadir. Sebetulnya perjuanganku mempelajari website tidak murah, sebab aku harus berjalan kaki dari Kostku di Jalan Janti sampai ke tempat kursus Gama yang beralamat tak jauh dari Social Agency Jalan Kaliurang Jogjakarta.

Tak jarang aku harus menunggu kereta api lewat karena aku memang harus melewati sawah untuk sampai kesana. Mengapa aku harus kursus, hal ini karena saran dari temanku Veros Ronaldi S.Kom Kabid Informasi Diskominfo Sambas.  Beliau adalah programming di bidang aplikasi desktop yaitu Delphi dan aplikasi desktop lainnya. Sampai sekarang beliau tetap aktif belajar Bahasa baru. Karena apa ? jawabannya karena IT selalu berkembang.

Zaman dulu aplikasi desktop hanya bisa di gunakan lewat PC tapi zaman sekarang perusahaan Desktop harus mengikuti perubahan zaman dan bersaing dengan aplikasi pembuat mobile apps seperti Eclipse, Ionic Framework, Android Visual Studio.

Zaman dulu situs XXI dibuat dengan coldfusion dan asp sekarang mereka menggunakan Frameworks dan bootstrap. Apa itu frameworks dan bootstrap ? Framework adalah sebuah kerangka program yang digunakan untuk membantu developer untuk mengembangkan kode secara konsisten. 

Dengan adanya framework developer bisa mengurangi jumlah bug pada aplikasi yang dibuat. Karena, fungsi dan variabel yang sudah tersedia di dalam komponen framework. Sedangkan bootstrap adalah  framework open-source khusus front end yang awalnya dibuat oleh Mark Otto dan Jacob Thornton untuk mempermudah dan mempercepat pengembangan web di front end.

Bootstrap memiliki semua jenis HTML dan template desain berbasis CSS untuk berbagai fungsi dan komponen, seperti navigasi, sistem grid, carousel gambar, dan tombol (button).

Framework ini memang menghemat waktu developer karena tidak perlu mengelola template berkali-kali. Namun, fungsi utama dari Bootstrap adalah untuk membuat situs yang responsif. Interface website akan bekerja secara optimal di semua ukuran layar baik di layar smartphone maupun layar komputer/laptop.

Apa itu Frontend dan Backend ? Frontend adalah Bagian front-end dari sebuah website adalah bagian yang langsung dilihat oleh userUser juga bisa langsung berinteraksi pada bagian ini. Bagian ini dibangun menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

Backend adalah bagian belakang layar dari sebuah website. Bahasa pemograman untuk back-end development diantaranya adalah PHP, Ruby, Python, dan banyak lainnya.

Bagaimana cara membuat Frontend ? Berdasarkan pengalamanku, aku pernah menggunakan Artisteer sebuah software yang sayangnya aplikasi ini hanya bisa membuat situs model lama dan tidak bisa Bootstrap. Sedangkan Template Toaster, Situs ini bisa menggunakan bootstrap.

Di artikel berikutnya kita akan membahas mengenai server dan pengalamanku pernah menggunakan server apa saja ? Salam semangat dan tetap belajar.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *