Perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekadar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Sebelum membahas mengenai Shopee, maka izinkan Setioko memperkenalkan apa yang dimaksud dengan e-commerce sebab Shopee merupakan salah satu bentuk e-commerce yang sangat menjanjikan yaitu Marketplace.
E-Commerce atau Perdagangan Elektronik
Perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekadar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 miliar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Jenis-Jenis E Commerce antara lain adalah
- Iklan Baris, merupakan salah satu bentuk e-commerce yang tergolong sederhana, bisa dianggap sebagai evolusi dari iklan baris yang biasanya ditemui di koran-koran ke dalam dunia online. Penjual yang menggunakan social media atau forum untuk beriklan, biasanya tidak bisa langsung menyelesaikan transaksi pada website yang bersangkutan. Namun penjual dan pembeli harus berkomunikasi secara langsung untuk bertransaksi. Sistem seperti ini sudah di tinggalkan
- Retail, merupakan jenis e-commerce yang di mana semua proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan. Oleh karena itu, kegiatan jual-beli di retail relatif aman, namun biasanya pilihan produk yang tersedia tidak terlalu banyak, atau hanya fokus ke satu-dua kategori produk.
- Marketplace, bisa dianggap sebagai penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan penyedia website, melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace yang bersangkutan.
Marketplace umumnya menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti sistem pembayaran escrow atau lebih umum dikenal sebagai rekening bersama. Jadi setiap terjadi transaksi di dalam sistem marketplace tersebut, pihak marketplace akan menjadi pihak ketiga yang menerima pembayaran dan menjaganya hingga produk sudah dikirimkan oleh penjual dan diterima oleh pembeli. Setelah proses pengiriman selesai, barulah uang pembayaran diteruskan ke pihak penjual.
Namun kini e-commerce telah mengalami berbagai macam perkembangan, mulai dari fungsi sampai jenis-jenis e-commerce yang berbagai macam.
Setidaknya ada tujuh jenis dasar e-commerce atau bentuk bisnis e-commerce dengan karakteristik berbeda:

1. Business-to-Business (B2B)
B2B e-commerce meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa yang
dilakukan antar perusahaan. Produsen dan pedagang tradisional biasanya
menggunakan jenis e-commerce ini.
2. Business-to-Consumer (B2C)
B2C adalah jenis e-commerce antara perusahaan dan konsumen akhir. Hal ini
sesuai dengan bagian ritel dari e-commerce yang biasa dioperasikan oleh
perdagangan ritel tradisional.
Jenis ini bisa lebih mudah dan dinamis, namun juga lebih menyebar secara tak merata atau bahkan bisa terhenti.
3. Consumer-to-Consumer (C2C)
C2C merupakan jenis e-commerce yang meliputi semua transaksi elektronik barang
atau jasa antar konsumen. Umumnya transaksi ini dilakukan melalui pihak ketiga
yang menyediakan platform online untuk melakukan transaksi tersebut.
4. Consumer-to-Business (C2B)
C2B adalah jenis e-commerce dengan pembalikan utuh dari transaksi pertukaran
atau jual beli barang secara tradisional. Jenis e-commerce ini sangat umum
dalam proyek dengan dasar multi sumber daya.
Sekelompok besar individu menyediakan layanan jasa atau produk mereka bagi perusahaan yang mencari jasa atau produk tersebut.
5. Business-to-Administration
(B2A)
B2A adalah jenis e-commerce yang mencakup semua transaksi yang dilakukan secara
online antara perusahaan dan administrasi publik.
Jenis e-commerce ini melibatkan banyak layanan, khususnya di bidang-bidang seperti fiskal, jaminan sosial, ketenagakerjaan, dokumen hukum dan register, dan lainnya.
Jenis e-commerce ini telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dengan investasi yang dibuat melalui e-government atau pihak pemerintah.
6. Consumer-to-Administration
(C2A)
Jenis C2A meliputi semua transaksi elektronik yang dilakukan antara individu
dan administrasi publik.
7. Online-to-Offline (O2O)
O2O adalah jenis e-commerce yang menarik pelanggan dari saluran online untuk
toko fisik. O2O mengidentifiaksikan pelanggan di bidang online seperti email
dan iklan internet, kemudian menggunakan berbagai alat dan pendekatan untuk
menarik pelanggan agar meninggalkan lingkup online.
Shopee salah satu Marketplace yang sangat di rekomendasikan
Shopee merupakan salah satu Marketplace yang sangat Setioko rekomendasikan, sebab proses pengiriman cepat dan valid. Apalagi di bulan September ini Shopee akan menghadirkan sebuah kejutan baru.

Pasti masih ingat kan, dengan iklan Shopee yang dibintangi Cristiano Ronaldo? Iklan yang hingga saat ini masih viral di berbagai negara tersebut tentu patut diacungi jempol karena telah berhasil menyita waktu dan perhatian masyarakat di seluruh dunia. Yup, Beberapa waktu lalu, berbagai lapisan masyarakat dari seluruh dunia telah digemparkan oleh iklan raksasa e-commerce Shopee yang dibintangi oleh Cristiano Ronaldo.
Tidak hanya memperkenalkan Cristiano Ronaldo sebagai anggota terbaru keluarga besar Shopee, raksasa e-commerce itu juga menggandeng masyarakat untuk menyerbu aneka promosi di salah satu festival belanja terbesar yang dirayakan secara tahunan, yaitu Shopee 9.9 Super Shopping Day. Selain membintangi iklan tersebut, kira-kira apa lagi aksi Ronaldo berikutnya bersama Shopee?

Untuk merayakan meriahnya Shopee 9.9 Super Shopping Day yang diadakan setiap tahun di bulan September maka, Shopee dengan bangga mempersembahkan acara televisi Shopee 9.9 Super Shopping Day yang akan disiarkan secara langsung di RCTI dan MNC TV. TV show yang digelar pada 8 September 2019 pukul 19.00 WIB ini menyuguhkan penampilan spesial dari artis kondang tanah air, seperti Syahrini, Noah, Ayu Ting Ting, Demian, Bunga Citra Lestari, Gading Marten, Sophia Latjuba, Gisel, Wijin, dan masih banyak lagi.
Bisa jadi, beberapa pasangan seperti Gading dan Gisel juga akan ‘mendadak reuni’ pada momen spesial ini, tentu masing-masing dengan pasangannya yang sekarang. Apalagi, hubungan Gading-Sophia dan Gisel-Wijin akhir-akhir ini makin mesra. Pasti nggak lupa dong, kalau Ariel NOAH dulu pernah memiliki hubungan spesial dengan Sophia Latjuba? Wah, udah kebayang gimana serunya puncak acara Shopee 9.9 Super Shopping Day nanti!
Shopee memang selalu tahu bagaimana cara memanjakan dan menghibur pelanggan setianya. Di acara ini, kamu harus stay tuned untuk menyaksikan segmen spesial yang menampilkan superstar sepak bola Cristiano Ronaldo pada malam spektakuler tersebut.
Kalau untuk masalah memanjakan dan menghibur pelanggan setianya, Shopee memang sudah nggak diragukan lagi deh, karena masih ada banyak lagi kejutan-kejutan spektakuler yang akan menanti kamu di acara ini! Stay tuned terus untuk menyaksikan aksi spesial superstar sepak bola Cristiano Ronaldo.
Shopee juga akan memberikan kamu kesempatan untuk memenangkan sepatu bola, jersey, dan bola yang sudah ditandatangani oleh Ronaldo sendiri. Masih kurang seru lagi?
Kemeriahan acara ini belum berhenti di situ! Andhika Pratama akan memandu acara ini, ditemani oleh si cantik penuh kontroversi Vanessa Angel, dan untuk pertama kalinya, permainan Shopee Tangkap akan dilakukan secara langsung! Hadiah utama mobil Mitsubishi Xpander pun menanti kamu. Kamu juga bisa menguji wawasanmu di permainan kuis Shopee dengan total hadiah ratusan juta, dan adu keberuntungan di game Goyang Shopee yang hadiah utamanya Samsung TV QLED.
Promosi eksklusif dari berbagai brand seperti (brand names) juga sudah persiapkan khusus untuk kamu semua pelanggan kesayangan Shopee.
Segera pasang pengingat di smartphone-mu tanggal 8 September 2019 pukul 19.00 WIB dan pastikan kamu tidak melewatkan beragam keseruan plus promosi yang menggiurkan. Jangan lupa ajak juga teman-temanmu untuk berbelanja di puncak Shopee 9.9 Super Shopping Day pada 9 September 2019 mendatang karena semua produk 9.9 GRATIS ongkir minimal belanja Rp0!
Bagaimana? Sudah siap menikmati diskon besar-besaran pada festival belanja online tahunan akbar satu ini?