Menikmati Steak Pontianak Dapurmak_CK

Steak Pontianak Dapurmak_CK –  Steak merupakan masakan Barat yang saat ini sangat mudah dijumpai. Steak dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar sehingga menciptakan aroma wangi yang sangat menggoda selera.

Berdasarkan sejarah, steak merupakan hidangan yang sudah ada sejak pertengahan abad ke-15. Hal ini bisa dilihat pada pencantuman resep steak pada buku masak yang ada pada zaman tersebut.

Selain itu kata Steak berasal dari bahasa Skandinavia yaitu Steik dimana bermakna irisan daging tebal yang dipanggang. Dari pengertian diatas dapat di terjemahkan bahwa Steak berasal dari daratan Skandinavia seperti Norwegia, Swedia maupun Islandia.

Adapun syarat sebuah daging steak adalah daging tersebut masih fresh  dengan tekstur daging yang merah dan kadar airnya masih banyak. Biasanya bumbu yang dapat digunakan untuk memanggang steak biasanya adalah mentega, merica, garam, serta rempah di daerah asal seperti tyhme, oregano, atau bawang putih.

Awalnya, steak terbuat dari daging rusa. Namun karena rusa sangat susah ditemukan maka penggunaan daging rusa diganti dengan daging sapi, kerbau, kambing, babi, hingga ikan.

Sejak abad ke-18 Dimulailah daging sapi atau beef sebagai salah satu optional Steak yang lezat, hal itu dikarenakan, produksi sapi mulai meningkat dan menjadi simbol kemakmuran bangsa Amerika.

Di Pontianak terdapatlah beberapa restoran steak salah satu diantaranya adalah restoran yang akan kuangkat berikut ini yaitu Steak Pontianak Dapurmak_CK.

Dapurmak_CK merupakan rumah makan yang didirikan oleh mahasiswa Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional di Bali. Namanya adalah Kevin Cornelius Kowira  konon kata CK berasal dari Cornelius Kowira yang merupakan nama aliasnya.  Kevin saat ini mengambil jurusan Food Production dan ia tertarik pada bidang pastry.

Steak Pontianak Dapurmak_CK sebenarnya telah berdiri sejak tahun 2018 tepatnya Pada bulan September 2018, awalnya Kevin memulai bisnis online yang menjual selai srikaya khas Pontianak melalui media sosial Instagram. Ide ini sebenarnya merupakan ide dari sang ibunda tercinta.

Merasa bisnis berjalan cukup lancar, Kevin menambahkan menu baru yaitu kue tart susu. Ide ini datang dari dirinya sendiri yang merupakan penggemar kuliner pastry. Berbekal kedua menu tersebut dan ia mulai sering mengikuti festival-festival kuliner lokal untuk promosi.

Ia juga pernah mendapatkan undangan dan pesanan khusus dari Kantor Gubernur Kalimantan Barat untuk menjamu Airlangga Hartarto, yang saat itu masih menjabat sebagai Menteri Perindustrian.

Saat memulai bisnis online, Kevin hanya menjual selai srikaya khas Pontianak sehingga dinamakan @srikaya_ck Kemudian berganti menjadi @ck_cakebakery setelah menambah menu kue-kue, dan berganti lagi menjadi @dapurmak_ck.

Pergantian nama tersebut seiring dengan penambahan menu-menu kuliner khas Pontianak, mulai dari menu pastry seperti kue soes, kastengel, dan nastar. Kemudian ada jajanan gorengan khas Pontianak seperti hetiauw, talas pedas manis, ikan asin jambal serta frozen food khas Pontianak seperti oukeng dan hekeng ayam.

Lalu bagaimana dengan rasa Steak Pontianak Dapurmak_CK ? menurutku rasanya lezat dengan perpaduan blackpepper yang khas. Selain itu kuah yang di hidangkan cukup kental sehingga cocoklah untuk warga yang ingin menyicipi Steak yang lain daripada yang lain. Restoran ini terdiri dari dua menu steak yaitu steak ayam dan steak sapi dengan harga diantara 35000 – 45000. Restoran ini beralamat di Jalan Gajahmada depan KCU Bank BCA tepatnya berderet dengan Irama Vision.