Menikmati Oleh-oleh Kuliner Khas Teluk Pakedai

Menikmati Oleh-oleh Kuliner Khas Teluk Pakedai  – Sudah lama aku tidak menulis maupun update artikel di blog ini, hal ini disebabkan aku memang sebulan berada di kampong lokasiku bekerja yaitu Kecamatan Teluk Pakedai, disitulah aku mengabdi sebagai Staff Kantor Camat Teluk Pakedai.

Di setiap daerah baik kota maupun perkampungan selalu ada hidangan yang akan menjadi icon dari lokasi tersebut. Sebut saja Pisang goreng krispy Pontianak, Gudeg Jogja maupun Karedok Betawi. Kali ini kita akan membahas hidangan lain yang berasal dari Kecamatan Teluk Pakedai tepatnya Desa Arus Deras.

Nama kudapan yang dimaksud adalah Keripik Jamur Sawit. Memang Kecamatan Teluk Pakedai terkenal dengan budidaya ikan karena daerah tersebut dialiri oleh perairan. Sebagian lagi mata pencaharian masyarakat adalah petani.

Teluk Pakedai juga terkenal dengan area Spot Pemancingan yang luas, sayangnya sulit bagi kita untuk menemukan oleh-oleh kuliner apa yang menjadi icon daerah ini. Aku sendiri sudah melakukan survey tersebut sejak tahun 2017.

Hingga sekitar bulan November 2019 Seorang petugas kantor desa Arus Deras mendatangi kantor kami sembari memperkenalkan hasil dari BUMDES nya. Yaitu Keripik Jamur Sawit.

Nah, bicara soal jamur sawit ini, selain cita rasanya yang gurih dan lezat, serta bisa dibuat menjadi berbagai varian kuliner, ternyata juga memiliki gizi yang cukup baik bagi kesehatan manusia. Dari berbagai sumber menyebutkan bahwa jamur sawit ini memiliki kandungan

Asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam jamur sawit memberikan nutrisi berupa vitamin B, C, dan D pada tubuh manusia. Manfaat vitamin B antara lain sebagai antioksidan yang membantu melawan efek radikal bebas yang merusak sel-sel dalam tubuh.

Manfaat jamur sawit yang lain berkaitan dengan nutrisi manfaat vitamin C yang tinggi, yaitu untuk menjaga metabolisme serta sistem kekebalan tubuh. Kandungan manfaat vitamin D-nya memiliki manfaat utama untuk menjaga kesehatan tulang.

Menikmati Oleh-oleh Kuliner Khas Teluk Pakedai

Memang sudah banyak artikel mengenai keripik Jamur Sawit di Media Massa salah satunya adalah di Lampung, meskipun demikian, Keripik sawit khas Teluk Pakedai ini memiliki rasa yang lebih delicioso. Oh ya, aku juga pernah mencicipi Keripik Jamur Sawit lainnya saat kuliah di Jogja.

Harga Keripik Jamur Sawit Khas Teluk Pakedai “Jas Api” yang  telah menjadi trademark Kecamatan Teluk Pakedai ini dijual dengan harga Rp. 10.000 per bungkus. Bagi yang ingin mencicipi maka teman-teman dapat menghubungi nomor handphone yang tertera di gambar ini. Menikmati Oleh-oleh Kuliner Khas Teluk Pakedai

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *