FUNGSI DOMAIN BAGI DUNIA USAHA

Mengapa domain penting untuk bisnis?Setioko Sebelum membahas fungsi domain bagi perkembangan dunia saat ini, alangkah baiknya kita mengetahui mengapa Website saat ini merupakan faktor dominan bagi sebuah perusahaan atau mungkin segala sektor kehidupan manusia.

Mungkin sudah sangat banyak orang yang tahu betapa pentingnya website. Meski suatu perusahaan telah memiliki brosur, telah menggunakan jasa Advertising serta memasang iklan di mana-mana, bahkan telah dikenal di masyarakat, perusahaan tersebut masih membutuhkan website.

Sebenarnya hal ini sangat lumrah terjadi sebab kegunaan suatu website adalah untuk memperkenalkan suatu barang dan jasa sehingga jumlah pembeli diharapkan sebanding serta berjumlah besar.  Selain itu dengan adanya website maka kita dapat berbicara dengan calon pembeli kita mengenai spesifikasi barang yang akan kita promosikan.

Berbelanja Online salah satu kegunaan website

Sebuah website juga berfungsi sebagai profil perusahaan atau company profile tentang perusahaan yang kita jalani. Apalagi di era keterbukaan seperti saat ini, dimana segala sesuatu dapat di ketahui secara efisien dan terbuka.

Ada beberapa elemen penting bagi sebuah website diantaranya adalah hosting serta domain. Dimana pengertian akan dijabarkan berikut ini.

Hosting

Secara umum Hosting merupakan sebuah tempat untuk menyimpan semua data (database) sebuah website sehingga dapat diakses melalui internet. Dalam hal ini data tersebut dapat berupa dokumen, gambar, video, email, aplikasi, dan lain sebagainya.

Selain itu terdapat definisi lain mengenai hosting yaitu tempat untuk menyimpan berbagai jenis kebutuhan sebuah website agar dapat online dan diakses melalui internet. Dengan kata lain tempat ini berfungsi agar sebuah website dapat online serta diakses dari manapun.

Hosting serta jenis-jenisnya

Hosting ibaratkan sebuah kios atau alamat yang di sewa di dalam Mall dengan berbagai ukuran dan spesifikasi tertentu. Pihak penyedia hosting menyediakan paket hosting yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan website penyewa. Semakin besar/ kompleks data dan trafik pada sebuah website, maka semakin tinggi pula spesifikasi hosting yang dibutuhkan, salah satunya adalah Host Unlimited dari Rumahweb.

Domain

Selain hosting sebuah website juga tak terlepas dari Domain  yaitu sebuah nama unik untuk mengidentifikasi suatu server komputer (seperti web server, mail sever) di jaringan komputer atau internet sehingga pengguna lebih mudah untuk mengaksesnya tanpa harus mengingat IP address server tersebut.

Secara default jaringan internet memiliki IP Address dengan urutan angka yang rumit seperti 123.456.789, bayangkan jika kita ingin berkunjung ke situs lainnya tentu hal ini sangat ribet karena kita membuang waktu untuk menghafalkan sederet kalkulasi angka yang memusingkan.

IP Address

Deretan angka ini tentu agak sulit untuk diingat oleh pengguna internet pada umumnya. Untuk mempermudah, maka digunakanlah nama domain sehingga lebih mudah untuk diingat ketika akan diakses.

Sebenarnya masih ada tingkatan level domain berdasarkan Domain Name System (DNS), namun kita tidak akan membahas mengenai permasalahan ini. Agar lebih mudah di fahami.

Kita akan membahas mengapa Domain merupakan elemen penting untuk meningkatkan sebuah brand, atau dengan kata lain kita akan membahas Mengapa domain penting untuk bisnis ?

Mengapa domain penting untuk bisnis ?

Domain saat ini telah menjadi sebuah kewajiban jika ingin membangun website, oleh karena itu kita bisa melihat sekarang ini banyak nama domain yang telah dibuat baik oleh perorangan atau sekelompok organisasi, lembaga resmi, organisasi non-profit dan profit, dan-lain-lain.

Nama domain bisa menjadi sebuah identitas resmi untuk mewakili orang atau organisasi yang telah membuatnya.

Salah satu fungsi domain lainnya adalah menjadi identitas bagi owner yang memiliki website tersebut seperti blog Setioko ini. Kita bisa menggunakan fasilitias whois di google untuk mengetahui siapa owner dari blog ini.

Bagi pebisnis yang menggunakan website sebagai media promosi atau berjualan, kehadiran domain ini tentunya menguntungkan bagi mereka. Karena domain dapat memudahkan para konsumen atau calon pembeli untuk menemukan online shop yang dikelola di internet.

Ada beberapa jenis-jenis domain diantaranya adalah :

Mengapa domain penting untuk bisnis?
Mengapa domain penting untuk bisnis?

TLD (Top Level Domain)

Pengertian domain TLD merupakan sebuah bagian dari nama Domain atau alamat website yang terletak dibagian kanan sampai tanda titik. misalnya untuk nama Domain rumahweb.com maka Top Level Domainnya adalah .com.

Top Level Domain sendiri terbagi menjadi dua yaitu Global Top Level Domain ( gTLD ) misalkan.com, .net, .org, .gov, .sch, .ac dll  serta Country Code Top Level Domain (ccTLD) contohnya .id, .sg, .uk .jp dan lain sebagainya.

Sehingga terdapat perbedaan keduanya yaitu domain Global serta domain yang mewakili suatu Negara.

SLD (Second Level Domain)

Lebih dikenal dengan nama suatu domain misalkan Setioko.web.id maka SLD nya adalah Setioko

Subdomain

Atau yang lebih dikenal dengan nama domain Third Level Domain yaitu sebuah nama Domain yang dapat di berikan sebelum TLS dan SLD. Misalkan kita ingin membuat web untuk keperluan toko dan nama domain tersebut adalah shop, maka kita dapat menambahkan shop.setioko.web.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *