Marvel Fans Community Menggelar aksi bagi-bagi masker

Setioko Marvel Fans Community – Kabut asap merupakan bencana yang tiada hentinya terutama bagi masyarakat Kalimantan Barat.

Hampir setiap tahun Indeks kualitas udara di Pontianak, Kalimantan Barat, masuk kategori tidak sehat karena dampak kabut asap. Warga yang beraktivitas di luar rumah diimbau menggunakan masker untuk meminimalkan terjangkit penyakit.


Hal ini terjadi karena tindakan masyarakat yang masih memilih membuka lahan dengan cara di bakar. Bahkan pada pelaksanaan Solat Ied Adha pada tanggal 11 Agustus 2019 Masyarakat terpaksa sholat di lapangan dengan di kelilingi oleh kabut asap.ty


Kebakaran hutan bisa terjadi karena adanya suhu tinggi dari gelombang panas atau karena ulah manusia. Di Indonesia sendiri, kejadian ini sering terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.


Asap dari pepohonan yang terbakar dapat membentuk kabut asap tebal. Kejadian ini pernah dialami di Indonesia beberapa waktu lalu. Asapnya yang tebal ini bergerak cukup jauh dan mengenai negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.


Kabut asap yang terjadi dari kebakaran hutan alami cenderung lebih berbahaya karena dapat terjadi di beberapa titik sekaligus. Karena hutan merupakan paru-paru dunia, sudah sebaiknya manusia menghindari kebakaran hutan yang dilakukan secara illegal dan merugikan makhluk hidup lainnya.


Kabut asap bisa dikatakan juga sebagai bentuk lain dari polusi udara. Tak hanya berbahaya bagi manusia, kabut asap yang tebal juga dapat mengganggu jarak pandang, dikarenakan tebalnya kabut asap yang dapat menghalangi sinar matahari.


Tingginya konsentrasi asap di udara akan membuat makhluk hidup menjadi sulit bernapas dan dapat menyebabkan kerusakan paru-paru. Hal ini terutama menimpa mereka yang banyak beraktivitas di ruangan terbuka.


Penelitian juga telah menunjukkan bahwa menghirup kabut asap dalam jangka waktu yang panjang dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit paru-paru seperti infeksi paru-paru terutama pada anak-anak, penyakit paru obstruktif kronis, hingga kanker paru-paru.


Selain itu, terkena paparan asap, seseorang dapat mengalami batuk dan iritasi tenggorokan. Umumnya keluhan ini berlangsung selama beberapa jam. Namun, efeknya bagi sistem pernapasan manusia bisa berlangsung lama walau gejala sudah menghilang.


Berbagai tindakan social telah dilakukan oleh berbagai komunitas yang ada di Pontianak seperti komunitas para superhero Pontianak Marvel atau yang lebih dikenal dengan nama Marvel Fans Community Regional Pontianak.


Mereka telah menggelar kegiatan bagi-bagi masker di dua tempat pada tanggal 10 Agustus 2019, yaitu di Bundaran Untan dan Bundaran Gajahmada. Aksi mereka juga di dukung oleh kalangan masyarakat yang membutuhkan Masker.


Menurut Farhan, Koordinator MFC Regional Pontianak “Aksi ini sengaja kami lakukan karena kami menyadari bahwa kondisi udara di Pontianak termasuk kategori berbahaya”


Sementara menurut Koordinator Gerakan Fuk Kong mengatakan “Aksi ini kami anggap sukses dan kami harapkan kedepan permasalahan kabut asap bisa diatasi”

2 Comments

  • Waw keren ya namanya MARVEL mengingatkan saya akan komik komik MARVEL yang sudah diangkat ke layar lebar seperti AVENGER. IRON MAN, dan lain lain. Oh ya soal MASKER saya suka yang praktis. Maksudnya sekali pakai bisa langsung di buang. Good post. Keep up the good work

  • memberikan masker kepada orang yang membutuhkan sungguh mulia. semoga makin banyk kegiatan yang bagus dan dilakukan bareng bareng komunitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *