Ku Kim Sin : Perjalanan Seorang Pensiunan Dini

Ku Kim Sin begitulah nama lelaki asal Tionghoa ini di kenal, beliau adalah seorang pemilik Kafe Kona yang beralamat di Jalan Podomoro Gang Trijaya Pontianak. Sekilas tidak ada yang salah dengan beliau selain seorang Muallaf serta pemilik Kafe yang sedikit mewah.

Namun yang membuatku heran adalah beliau memutuskan resign sebagai Abdi Negara pada saat posisi beliau sudah III/d, dimana posisi itu merupakan posisi tinggi atau setara dengan Kabid maupun Kasi. Beliau juga merupakan tamatan S-2 di Utrecth Belanda.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, bagi PNS yang mengajukan pensiun dini pada dasarnya harus berusia 45 tahun ke atas dan sudah memiliki masa kerja paling sedikit 20 tahun. Skema ini masuk dalam pensiun dini kategori diberhentikan secara terhormat.

Sekilas Ku Kim Sin bisa di kategorikan sebagai  seseorang yang memiliki jiwa enterpreneur dan selalu melihat segala peluang sebagai peluang yang kemungkinan bisa menjadi bisnis. Ketika jiwa enterpreneur ini diimplementasikan di tempat yang tepat hasilnya akan positif, tetapi apabila diimplementasikan di institusi pemerintah tempat bekerja, bisa jadi sumber korupsi yang maha dahsyat dan mengerikan. 

Orang ini diharapkan ketika melihat berjubelnya pendaftaran PNS dan mendengar keluhan 4 juta PNS di  Indonesia tentang gaji mereka yang rendah selalu berpikir untuk mempunyai perusahaan dan bisa membuka lapangan kerja baru bagi 4 juta orang di Indonesia. Mungkin posisi itu lebih tepat.

Selain itu, Ia mengatakan kepadaku bahwa ia mampu berjuang keluar dari jalur Riba. Ia pernah meminjam uang di Bank hanya untuk menunjukkan jati dirinya, namun perjuangannya keluar dari jalur Riba adalah prestasi yang patut di banggakan.

Setidaknya, sudah dua kali aku berkunjung ke kafenya, pertama adalah saat bulan Ramadhan tahun lalu dan kali kedua adalah saat tanggal 1 Januari 2020.

Bagaimana dengan menu hidangan yang ditawarkan ? Jawabannya adalah bisa di kategorikan mewah namun harga yang dijual standar, sebagai contoh cappuccino yang dijual olehnya adalah cappuccino soft seperti rasa cappuccino di J-Co. Selain itu ia juga menawarkan nasi ayam Szechuan yang pedas oleh merica.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *