Gerakan Senyum Kapuas, Warga Pontianak Akan Membersihkan Sungai Kapuas

Sungai Kapuas atau Sungai Kapuas Buhang merupakan Sungai yang berada di Kalimantan Barat dan merupakan sungai terpanjang dipulau Kalimantan dan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang total 1.143 km.

Sungai Kapuas merupakan rumah dari lebih 700 jenis ikan dengan sekitar 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah. Potensi perikanan air tawar di sungai Kapuas adalah mencapai 2 juta ton. Hutan yang masih terlindungi dengan baik menyebabkan sungai ini terjaga kelestariannya.More… Permasalahannya adalah Sungai Kapuas tidak lagi seindah dulu dimana sebelumnya sungai ini menjadi primadona bagi masyarakat Kalimantan Barat.

Berbagai macam sampah dan limbah dengan mudahnya di temukan disini dan menyebabkan Sungai ini menjadi kotor Serta tercemar Polusi. Sampah dan limbah yang dimaksud antara lain adalah Sampah organik maupun non organik.

Bercermin dari masalah diatas maka Komunitas-komunitas di Kalimantan Barat seperti Komunitas Sulap, Film, Entertainment, Fans Club Bola dan lainnya yang tergabung dalam forum Lintas Komunitas Pontianak tergerak hatinya untuk membuat sebuah event bernama Gerakan Senyum Kapuas Dengan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi.

Event ini juga sudah di sepakati oleh Dinas-dinas terkait, seperti dinas kebersihan kota, Pelindo serta Walikota Pontianak, Dan diharapkan akan menjadi event tahunan saat perayaan HUT Kota Pontianak, dimana tahun ini merupakan tahun pertama Event ini diadakan. Adapun  perayaan acara ini dilaksanakan selama dua hari yaitu 25 Oktober hingga 26 Oktober 2014, dengan agenda pada tanggal 25 Oktober seluruh komunitas akan membersihkan sampah / Polusi di titik-titik parit tertentu dan pada puncaknya tanggal 26 Oktober 2014 akan diadakan di Alun-alun sungai Kapuas dimana juga akan diadakan parade kampanye pada malam harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *