Prediksi Kalimantan Barat Lima Tahun Mendatang

Prediksi Kalimantan Barat Lima Tahun Mendatang – Pilkada Kalimantan Barat baru saja dilaksanakan tepatnya pada tanggal 27 Juni 2018, Dengan menetapkan Gubernur terpilih   Sutarmidji SH, M.Hum sebagai Gubernur dan Ria Norsan sebagai Wakil Gubernur.  Sebelumnya Setioko mengucapkan selamat atas terpilihnya kedua nama yang disebut diatas.

Sutarmidji SH, M.Hum sebelumnya merupakan walikota Pontianak dalam kurun waktu dua periode. Selama beliau memimpin Pontianak banyak perubahan yang telah beliau lakukan diantaranya adalah :

1. Penghargaan atas Dukungan dan Pembina kepada perusahaan .

2 . Wahana Tata Nugraha Bidang Lalu Lintas.

3.  Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Tahun 2016 Predikat Nilai B Kota Pontianak

4.  Tata Kelola Ekonomi Daerah (TKED) Peringkat I se-Indonesia Kota Pontianak oleh Komite Pemantauan Otonomi Daerah (KPPOD).

5 . Penghargaan Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik RSUD Sultan Syarif Mohamad.

6 . Penghargaan Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori A Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

7 . Penghargaan Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori A Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Pontianak.

8.  Penghargaan Inisiator Kota Pontianak sebagai Kota Layak Anak.

9.  Top 99 Inovasi Pelayanan Publik.

10 . Indonesia Green Award 2017 Kategori Green City Pemerintah Kota Pontianak.

Selain itu Kota Pontianak juga telah menerapkan sebuah system yang di kenal dengan nama Smart City, Dimana konsep ini memiliki makna konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.

Sehingga dari kesimpulan di atas dapat di peroleh bahwa Pontianak adalah kota yang memiliki system Informasi dan Teknologi terpadu selama kepemimpinan beliau.

Prediksi Kalimantan Barat Lima Tahun Mendatang

Tak salah memang, sebab hal ini dapat di buktikan beberapa tahun sebelumnya yaitu tahun 2016 yang dapat disebut sebagai tahun Start up di Pontianak.

Berbagai aplikasi smartphone tumbuh dan berkembang pada saat itu, salah satunya adalah Angkut. Pontianak juga memiliki sebuah aplikasi lainnya yaitu Gencil yang juga berbasis mobile phone. Aplikasi Gencil ini memiliki kegunaan untuk mengontrol proses jalannya pemerintah.

Selain itu, Jauh sebelum Gencil dan Angkut lahir Pontianak juga memiliki sebuah portal yang bernama Pontinesia yang berisikan tentang informasi mengenai kota Pontianak. Pontianak juga telah menerapkan system E-Card dan Fintech yang dimulai pada tahun 2017.  Sehingga dari kesimpulan diatas Pontianak sudah memiliki system Informasi dan Teknologi yang cukup maju.

Dari segi pariwisata misalnya, Pontianak telah mampu menjadikan Pesona Kulminasi sebagai even tahunan yang menarik wisatawan asing. Selain itu Kulminasi juga merupakan even yang diakui oleh pesona Indonesia dan menjadi salah satu Tourist Destination ketika berkunjung ke  Pontianak.

Tak hanya itu, Pontianak juga memiliki even tahunan yang diadakan setiap menjelang lebaran, even ini adalah Festival Meriam Karbit yang juga mampu mendatangkan devisa daerah dengan hadirnya Turis local maupun mancanegara.

Sebagai contoh akan pedulinya masyarakat Pontianak terhadap kemajuan dunia adalah ketika kita berkunjung ke salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Pontianak yaitu Mega Mall kita sudah sering mendengarkan anak kecil berbahasa Inggris dengan orang tuanya.  Selain itu, kita juga sering mendengar bahasa Inggris di pergunakan di sana-sini pada saat dewasa ini

Pontianak juga mampu menghadirkan turis dari negeri jiran dengan menyelenggarakan festival cap go meh serta beberapa festival yang berbau local wisdom “Kearifan local”

Dari sini Setioko dapat membuat sebuah Prediksi Kalimantan Barat Lima Tahun Mendatang diantaranya adalah

  1. Kalimantan Barat akan menjadi Smart Province atau Provinsi Cerdas dengan menerapkan Informasi dan Teknologi di segala bidang.
  2. Pariwisata Kalimantan Barat akan lebih dikenal masyarakat dunia seperti yang kita ketahui bahwa Kalimantan Barat selain kota Pontianak juga menyimpan berbagai alam yang belum begitu di kenal oleh masyarakat dunia. Sebagai contoh Pantai Tengkuyung yang berada di Kabupaten Kubu Raya, Gunung Bawang, Danau Sentarum, Batu Ampar, Pantai Tanjung Gundul Randayan, Temajok dan lain sebagainya.
  3. Kalimantan Barat akan menerapkan sistem pelayanan cepat, hal ini pernah di terapkan oleh Sutarmidji sewaktu beliau menjabat sebagai walikota Pontianak. Sehingga kita tak perlu lagi ke negeri jiran

Masukkan Untuk Kalimantan Barat

Namun sebelum hal-hal tersebut terwujud setidaknya ada beberapa masukan untuk Kalimantan Barat agar Prediksi Kalimantan Barat Lima Tahun Mendatang yang dimulai pada tahun 2018 – 2022 dapat terwujud diantaranya adalah

  1. Perketat izin usaha perusahaan asing terutama yang bergerak di bidang Kelapa Sawit, sebab hutan di Kalimantan Barat hancur akibat ulah perusahaan yang tidak bertanggung jawab tersebut.
  2. Banyak jalan-jalan yang rusak sebagai contoh Jalan Parit Berkat Desa Punggur Besar Kabupaten Kubu Raya, Desa Punggur dan lain sebagainya. Belum lagi jalan raya di Kabupaten lain.
  3. Lestarikan alam Kalimantan Barat sehingga mampu mendatangkan devisa bagi Provinsi.
  4. Selama beliau menjabat sebagai Walikota Pontianak, banyak komunitas yang lahir dan berkembang semoga hal ini dapat berlanjut di tingkat Provinsi sebab dengan banyaknya komunitas maka akan lahir sebuah ekosistem perekonomian yang sehat. Sehingga paradigma masyarakat akan berubah dan tak lagi menjadi Pegawai pemerintah.
  5. Semoga Smart City berubah menjadi Smart Province dengan menerapkan sistem Informasi dan teknologi terpadu seperti yang beliau terapkan sewaktu menjabat sebagai Walikota Pontianak.

Setioko merasa bahwa Sutarmidji mampu menjalankan pemerintahan dengan baik sebab Setioko kenal beliau sebagai sosok yang tegas dan dengan ketegasan tersebut beliau mampu memimpin Kota Pontianak sehingga menjadi kota dengan pelayanan terbaik di masa kepemimpinannya kemarin. Prediksi Kalimantan Barat Lima Tahun Mendatang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + 19 =