Kopdar Akhir Tahun Komunitas Blogger Pontianak bersama Receh Chips

Kopdar Akhir Tahun Komunitas Blogger Pontianak bersama Receh Chips – Berdasarkan artikel yang berhasil Setioko himpun bahwasanya sejarah blogger di Indonesia dapat dibagi menjadi tiga generasi, yaitu:

Generasi pertama yang bergerak di sekitar tahun 1998 hingga 2001, generasi ini berkumpul di mesin pencarian yang dimiliki oleh Microsoft yaitu MSN

Kopdar Akhir Tahun Komunitas Blogger Pontianak bersama Receh Chips
Kopdar Akhir Tahun Komunitas Blogger Pontianak bersama Receh Chips

Ketika itu, Isi blog kurang lebih masih berupa jurnal pribadi. Lalu platform yang digunakan pada saat itu adalah livejournal dan blogger.com.

Generasi kedua, yang bergerak di sekitar tahun 2001 hingga 2002-an. Salah seorang Blogger professional yaitu Enda Nasution termasuk dalam generasi ini. Kala itu Isi blog masih lebih bersifat pribadi.

Pada generasi ini pula mulailah bermunculan komunitas-komunitas blogger, seperti: blogbugs (Indonesia), bbv.or.id (Bandung), angkringan (Jogja), tukanglenong (Jakarta).

Jumlah blogger mulai banyak, dan sempat mengadakan temu darat. blogbugs.com sampai saat ini masih menjadi satu-satunya direktori blogger Indonesia. Tool yang digunakan adalah blogger.com, MT, dan pMachine

Generasi ke tiga, yang bergerak sejak tahun 2004 sampai hari ini dan tumpang tindih dengan generasi ke dua.

Generasi pertama saat ini telah menghilang karena satu dan lain hal. Generasi ketiga lebih ‘techie’ dan berkumpul di id-gmail.

Pada generasi ketiga ini mulai banyak blog dengan topik khusus yang tidak lagi bersifat jurnal pribadi. Biasanya blog-blog ini adalah blog kedua atau ketiga dari blogger yg sebelumnya sudah memiliki blog jurnal. Platform yang digunakan ialah wordpress, dan MT.

Kopdar Akhir Tahun Komunitas Blogger Pontianak bersama Receh Chips

Blogger Pontianak hadir pertama kali pada tahun 2012, Setioko sendiri mulai bergabung dengan komunitas ini sejak tahun 2016 tepatnya di acara kopdar sekitar bulan Maret di Rootsville. Dan sudah banyak manfaat yang Setioko rasakan ketika bergabung bersama Komunitas Blogger Pontianak.

Pengalaman yang pertama adalah ketika menjadi juara empat Pontianak Kota Bersinar, dimana ketika itu Setioko berhasil mendapatkan flashdisk, lalu di sekitar tahun 2018  Setioko juga berhasil mendapatkan uang sebesar Rp. 500.000 sebagai juara Bersama Untan Membangun Negeri.

Kopdar Akhir Tahun Komunitas Blogger Pontianak bersama Receh Chips

Pada kesempatan kali ini pula diadakan polling untuk menjadi ketua Blogger Pontianak tahun 2019-2021., berbagai wacana akan di siapkan diantaranya Pariwisata dan sebagainya. Adapun yang menjadi kandidat kali ini adalah Deguh dan Fakhrulrozi

Kopdar kali ini pula disponsori oleh Receh Chips yaitu snack keripik Pisang asal Pontianak yang segera di produksi massal, tak lupa juga Viappucino turut hadir sebagai sponsor resmi Kopdar kali ini.  Kopdar Akhir Tahun Komunitas Blogger Pontianak bersama Receh

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *