Menggunakan WIFI Hemat Baterai Smartphone

Perkembangan teknologi komunikasi kini sudah sangat pesat, serta perkembangan teknologi dalam beberapa aspek sudah mengubah pola kehidupan masyarakat. Contoh nyata hasil perkembangan teknologi komunikasi ialah munculnya handphone atau telepon Genggam dimana penemuan ini terinspirasi dari film seri Star Trek yang booming ketika itu.

Berdasarkan wikipedia, Komunikasi adalah sebuah interaksi sederhana untuk menyampaikan informasi antar pihak terkait.

Meskipun memiliki definisi yang sederhana, ketika kita berpikir tentang Komunikasi terkadang menjadi sesuatu yang komplek. Terdapat dua jenis kategori di dalam berkomunikasi yang sering di gunakan kapan saja.

Proses komunikasi interpersonal tidak dapat menjadi acuan sebuah fenomena yang sangat singkat, namun harus di lihat sebagai sebuah proses rumit dimana pihak yang terkait melakukan sebuah negoisasi untuk tercapainya proses, apakah tepat atau tidak tepat. Secara sadar atau pun tidak sadar.

Para penerima informasi dan pemberi informasi tentu saja menjadi pihak yang paling vital didalam komunikasi. Pada komunikasi empat mata para penerima informasi dan pemberi informasi tidak terpisah pada jarak yang jauh. Mereka melakukan kontak mata dan melakukan bahasa tubuh.

Dewasa ini penggunaan telepon genggam bukanlah hal aneh karena hampir penduduk Indonesia sudah menggunakannya didalam kehidupan. Disisi lain, alat komunikasi jarak jauh tersebut juga mengalami kemajuan teknologi yang sangat pesat.

Telepon genggam sudah beralih fungsi dari alat komunikasi jarak jauh menjadi sebuah benda yang sangat pintar yang dapat digunakan berbagai macam hal oleh sipenggunanya. Dalam era masa kini telepon genggam disebut menjadi smartphone atua ponsel pintar, alat yang dapat digunakan banyak hal selain untuk berbicara jarak jauh maupun mengirim pesan singkat.

Ponsel pintar pada umumnya terbagi menjadi dua yaitu IOS dan Smartphone, dimana masing-masing bahasa pemrograman yang digunakan juga terbagi dua yaitu Swift dan Java.

Kali ini, kita tidak akan berbicara mengenai bahasa pemrograman atau pun smartphone didalam proses komunikasi, sebab penulis akan memberikan tips tentang penggunaan smartphone terutama didalam penghematan baterai.

Tips yang pertama adalah jangan pergunakan banyak media sosial yang aktif di latar belakang dalam hal ini pemberitahuan.

Memang, tidak kita pungkiri bahwasanya manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan satu dengan lainnya, terutama masyarakat Indonesia lebih khususnya masyarakat kota Pontianak yang memiliki habit untukĀ  chatting atau ngerumpi suatu bahan pembicaraan.

Whatsapp, BBM, Line, Instagram dan juga Telegram adalah media sosial yang sering digunakan masyarakat Indonesia. Meskipun demikian, kita juga harus pandai memilih satu diantara sekian banyak aplikasi chatting tersebut yang sering digunakan.

Memilih aplikasi chatting ibaratkan memilih sebuah pekerjaan, Penulis akui bahwa penulis juga memiliki akun di aplikasi chatting tersebut, bahkan termasuk diantaranya Skype dan beberapa akun di situs Dating online luar negeri.

Namun, mengaktifkan lima aplikasi chatting atau lebih dalam suatu smartphone akan membuat baterai dan Ram terasa panas. Sehingga pilihlah satu diantara aplikasi chatting tersebut yang sering kita gunakan untuk di prioritaskan pemakaiannya.

Mengaktifkan lima aplikasi chatting atau lebih dalam suatu smartphone akan membuat baterai dan Ram terasa panas. Sehingga pilihlah satu diantara aplikasi chatting tersebut yang sering kita gunakan untuk di prioritaskan pemakaiannya.

Jangan biarkan sering charge baterai saat kapasitas 0 persen sebab sering membiarkan kapasitas baterai Li-ion hingga 0 persen sama halnya dengan menghabiskan 1 kali siklus pengisian daya. Otomatis, bila hal itu sering dilakukan, maka umur baterai tidak akan awet.

Ketika sedang tidak menggunakan smartphone maka alihlah ke airplane mode atau mode pesawat, sebab baterai akan tersaving hingga 15 persen bahkan penulis memiliki trik dalam hal ini yaitu tahukah kita bahwasanya kita bisa menggunakan internet bahkan baterai tetap awet dengan menggunakan airplane mode.

Namun, trik ini hanya bisa digunakan jika ada koneksi dari WIFI dan penulis sendiri belum tahu apakah trik ini bisa berhasil digunakan oleh Smartphone dibawah Lolypop seperti Kitkat dan sebagainya. Sebab penulis menggunakan Smartfren A saat melakukan trik ini.

Oke langsung saja, ketika kita melakukan airplane mode di penyetingan. Pastikan jaringan wifi kita hidupkan, dan lakukan koneksi dengan jaringan wifi tersebut.. Pastikan pula kita mengaktifkan Battery Saver di penyetingan atau penghematan baterai.

Semoga trik ini bermanfaat bagi para pembaca setioko.web.id

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 18 =