Ikan Asam Pedas Khas Pontianak Menjadi Primadona Festival Masak Ikan

Ada pertanyaan mengapa kita harus makan Ikan ? Bahkan makan ikan merupakan salah satu anjuran Islam, sebagaimana firman Allah SWT

أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُ مَتَاعًا لَكُمْ وَلِلسَّيَّارَةِ ۖ وَحُرِّمَ عَلَيْكُمْ صَيْدُ الْبَرِّ مَا دُمْتُمْ حُرُمًا ۗ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ

Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. dan bertakwalah kepada Allâh Azza wa Jalla yang kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan. [Al-Mâidah/5:96]

Kali ini kita tidak akan membahas tentang ayat yang berkaitan dengan Ikan, tapi alasan mengapa harus makan ikan. Berdasarkan penemuan para ahli gizi dunia Ikan memiliki protein yang tinggi, kadar asam lemak yang rendah dimana kedua ciri tersebut bisa dikategorikan sebagai makanan yang menyehatkan. 

Ikan adalah hewan yang memiliki daging berwarna putih –sama seperti ayam- Yang dapat membuktikan bahwa daging ikan sangatlah bermanfaat bagi kesehatan, dan minyak ikan memiliki omega tiga yang sangat tinggi.

Jika tubuh manusia tak dapat lagi menampung nutrisi yang hebat, maka daging ikan merupakan salah satu bagian yang penting untuk Diet. Selain itu, Omega tiga lebih bermanfaat daripada omega enam yang dapat di temukan di daging merah seperti daging Sapi maupun Kambing.

Apa saja kegunaan Omega Tiga ? Kali ini kita akan membahas empat keuntungan yang didapat dari Omega Tiga diantaranya adalah :

· Mengatur Cardiovascular yang menjadi syarat peredaran darah; 

· Omega Tiga mengandung zat yang diperlukan untuk peredaran urat;

· Bermanfaat untuk mengatur Cardiac Arrhythmia, dimana hal ini dapat mengurangi depresi dan kesehatan mental bagi orang tua.

Ikan khas Kalimantan Barat

· Penelitian menunjukkan bahwa Omega 3 dapat mencegah penyakit jantung dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung. Hal ini dikarenakan Omega tiga meningkatkan elastisitas arterial. Dimana hal ini bermanfaat untuk Menurunkan resiko aritmia (detak jantung yang abnormal) dan juga tekanan darah tinggi.

Omega Tiga juga memiliki EPA dan DHA zat inilah yang berguna untuk kesehatan. Pemerintah Indonesia sendiri di era Jokowi mencanangkan program Gemar Makan Ikan. Bagi penduduk yang tinggal di daerah Kalimantan terutama Pontianak ibukota Kalimantan Barat, hidangan yang terbuat dari Ikan sudah menjadi primadona tersendiri.

Diantaranya adalah Ikan Asam Pedas yang menjadi pilihan dan alasan mengapa pelancong lokal harus mencicipi hidangan ini. Jawabannya adalah Ikan Asam Pedas di masak dengan cara yang tepat dan lebih memanjakan lidah Indonesia.

Pada tanggal 1 Agustus 2017, diadakanlah sebuah event di Alun-alun kapuas, yaitu event Lomba masak Ikan. Salah satu ikan yang menjadi primadona pada event tersebut adalah Ikan asam pedas. 

Hidangan Ikan di Festival Masak Ikan

Penulis sendiri sudah mencicipi beraneka ragam ikan asam pedas tersebut disamping ikan lainnya, dan penulis sendiri sangat merekomendasikan Ikan asam pedas dengan saus lidah buaya.

Hadiah utama dari lomba ini adalah menjadi juri masakan daerah untuk acara 17 Agustus di Istana Negara. Acara yang digelar dari jam 09 pagi hingga jam 2 Siang ini di dukung pula oleh Femina, Hypermart, Rumaktif dan lain sebagainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + six =