Pontianak akan dimeriahi dengan lomba masak Ikan

Sungai kapuas adalah sungai terpanjang di Kalimantan, dimana sungai ini memiliki panjang dengan ukuran 1,143 kilometer (710 mil) dengan demikian sungai Kapuas menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di salah satu pulau terbesar di Dunia. 

Sungai ini memiliki delta di Laut Cina Selatan. Delta ini terletak di selatan kota Pontianak yang juga merupakan ibukota Kalimantan Barat. Sungai kapuas mengalir ke selatan dan bergabung dengan Sungai Barito. 

Terdapat Flora maupun Fauna yang dapat kita temukan sepanjang sungai ini, sebab Sungai Kapuas kaya akan hutan tropis yang terletak di atasnya, begitu juga dengan Fauna. Buaya dan hewan sejenisnya sering terdapat di Kapuas, namun tidak dengan Katak. Terdapat dua taman nasional yang berada di Kapuas yaitu Betung Kerihun dan Danau Sentarum. 

Selain itu terdapat setidaknya tiga ratus jenis Ikan yang berada di dalam Sungai Kapuas. Diantaranya Ikan Toman yang merupakan sejenis ikan gabus yang khas dari danau Sentarum, danau Sentarum terletak di wilayah hulu sungai Kapuas. Biasanya anakan ikan ini akan dibawa ke wilayah sintang dan dibesarkan dalam karamba di sungai Kapuas. 

Lalu ada pula ikan Lais yang merupakan salah satu ikan air tawar dan banyak terdapat di wilayah sungai Kapuas serta anak sungai Kapuas. Terdapat dua jenis Ikan Lais salah satunya adalah lais Kapuas dan lais lubuk (anak sungai Kapuas)

Ada pula Ikan Patin atau masyarakat setempat mengenalnya dengan nama Ikan Baung, setelah itu mari kita berkenalan dengan Ikan Labau, Ikan Gurame, Ikan Jelawat dan tentu saja Ikan Arwana Merah atau Red Arwana. 

Berdasarkan historis tersebut maka Pemerintah kota Pontianak akan menggelar lomba masak ikan yang di adakan pada tanggal 1 Agustus 2017 diman acara ini juga merupakan perayaan 72 tahun kemerdekaan Indonesia.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti didampingi Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya Asdep Segmen Pasar Personal Kemenpar Wawan Gunawan mengatakan, Lomba Masak Ikan Nusantara adalah kompetisi masak yang terbuka untuk seluruh warga Negara Indonesia, bertujuan untuk mencari koki terbaik yang dapat mengolah hasil laut menjadi hidangan lezat dan bergizi. Seperti dilansir dari jpnn.com 

Lomba ini akan diadakan di Taman Alun-alun kapuas untuk pendaftaran sliahkan klik disini, atau bisa juga menghubungi Rumaktif Pontianak, 085252434343 via WA/SMS 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × two =