Upaya Meningkatkan Wisatawan Mancanegara Untuk Kalimantan Barat

Sebagai negara Maritim, Indonesia memiliki begitu banyak potensi alam yang indah dan menarik, hal ini dikarenakan Indonesia merupakan sebuah negara yang berada di benua Asia tenggara dengan wilayah batas teritorial samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia juga termasuk dan tergolong sebuah negara yang memiliki kepulauan yang besar dengan lebih dari tujuh belas ribu Pulau. Indonesia juga termasuk tujuh besar negara terbesar didunia yang memiliki kombinasi air dan pulau. Dengan hasil identifikasi seperti diatas maka negara kesatuan Republik Indonesia tentunya memiliki tingkat pariwisata yang menarik dan menjadi primadona yang harus dikembangkan oleh setiap Provinsi. Hal ini terbukti dengan seringnya penemuan beberapa objek wisata yang berupa alam dan buatan pertahunnya.

Mengapa Indonesia harus menjadi sebuah Negara yang wajib dikunjungi sebelum seseorang

meninggal dunia ? Sebab Indonesia termasuk sebagai negara yang indah dan bisa dikatakan sebagai surganya dunia, hal ini terbukti dengan banyaknya objek alam yang indah seperti Pantai, hutan Tropis dimana dengan gambaran seperti diatas maka dapat dipastikan bahwasanya setiap orang dapat melakukan Hiking serta Camping di Taman Nasional, Hutan dan Gunung juga merupakan contoh yang tepat bagi wisatawan asing untuk menghabiskan liburan musim panas mereka. Selain itu berbagai macam kebudayaan termasuk diantaranya tempat bersejarah, monumen, candi kuno, kebun binatang maupun Museum serta Gallery dapat ditemukan dengan mudah di Negara yang kaya akan rempah-rempah ini.

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia sebenarnya mengalami pertumbuhan yang meningkat, sebagai contoh pada Bulan Agustus 2016, jumlah wisatawan Indonesia mengalami penumbuhan sebesar 13,19% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2015 yaitu hanya sebesar 911.704, artinya apa ? artinya adalah Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada Agustus 2016 adalah sejumlah 1.031.986 wisman. Dimana hal ini merupakan rangkaian akan pertumbuhan jumlah wisatawan pada periode Juli 2016, yang berjumlah 1.032.741 jiwa.

Namun dengan jumlah pertumbuhan yang amat pesat seperti itu, apakah ada efek domino dari pertumbuhan pariwisata di Kalimantan Barat ? Sayang sekali tidak, sebab pada tahun lalu yaitu 2016 jumlah wisman yang datang ke Kalimantan Barat menurun seperti contoh pada bulan Januari – September 2016 jumlah wisata mancanegara yang datang ke Kalbar hanya mencapai 23.551 jiwa, sedangkan pada periode yang sama yaitu Januari – September 2015 jumlah wisman yang berkunjung ke Kalimantan Barat berjumlah 24.367 orang.

Penyebabnya apa ? penyebabnya antara lain kurangnya objek wisata di Kalimantan Barat. Oleh sebab itu pada tanggal 16 Maret 2016, diadakanlah seminar tentang ke Pariwisataan di Bank Indonesia jalan Ahmad Yani Pontianak, selain membahas tentang pariwisata acara tersebut juga dimeriahan dengan peluncuran situs Jewita dimana situs ini hadir di Kalimantan Barat sebagai salah satu media yang memberikan informasi tentang ke pariwisataan yang ada di Kalimantan Barat.

Kalimantan Barat sebenarnya memiliki laut yang tak kalah bagusnya dengan Raja Ampat, selain itu Kalimantan Barat juga memiliki ribuan bahkan lebih dari angkat tersebut atas objek wisata lainnya seperti Danau Sentarum. Tak ketinggalan pula di Pontianak juga terdapat ribuan spesies hewan langka di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two − one =