Yuk ke Pontianak Festival Pasar Rakyat 2017

psartrad - Yuk ke Pontianak Festival Pasar Rakyat 2017

Sebelum berbicara tentang pasar rakyat marilah sekilas kita membahas tentang pasar tradisional, apa pasal ?  Jawabannya adalah pasar Tradisional memiliki ikatan yang erat dengan pasar rakyat. Definisi dari pasar tradisional sendiri adalah suatu pasar dimana pembeli dan penjual bertemu secara langsung tanpa melalui perantara pihak ketiga apalagi online.

Dalam sebuah situs independent.co.uk keberadaan pasar tradisional sendiri saat ini mulai berkurang hal ini disebabkan oleh adanya pasar-pasar modern yang semakin menjamur seperti Mall atau pun supermarket, terutama supermarket retail yang memiliki ikatan dengan pihak asing seperti Carefour atau pun Mart-mart lainnya. Hal ini juga di perparah dengan adanya Online market atau pasar online yang juga semakin hari semakin bertambah.

Salah satu yang menyebabkan tradisional market atau pasar tradisional dewasa ini semakin ditinggalkan adalah traditional market tidak sesuai dengan perkembangan zaman dan kurang disukai oleh kawula muda. Namun ada kesempatan bagi kawula muda untuk berbelanja di pasar tradisional Seperti dilansir oleh situs independet.co.uk

“”Traditional markets typically attract older people who’ve been visiting them for 30, 40 or even 50 years. But a fresh approach can create a new destination in town centres for a wider range of people – younger people, especially – with opportunities for a new breed of market trader. For a sector whose future has been uncertain for many years, this can only be good news.”

Yang berarti

“Pasar Tradisional dewasa ini lebih sering di kunjungi oleh para orang tua yang berusia 30, 40 bahkan 50 tahun. Namun hal ini dapat menciptakan suatu destinasi baru yang berada di pusat kota dari segala sektor usia baik kawula muda, terutama adanya sebuah kesempatan untuk menciptakan sebuah gaya dari perdagangan yang baru. Meskipun hal ini kurang tepat untuk beberapa tahun kedepan, namun ini berarti terdapat sebuah berita yang bagus.”

Dari sumber situs yang sama pula terdapat beberapa kesimpulan agar pasar tradisional juga menjadi tujuan wisata bagi siapa saja yang ingin ke pusat kota. Salah satunya adalah dengan menggunakan promosi baik secara media sosial maupun lokal.

Termasuk diantaranya juga terdapat event-event seperti Festival Pasar Rakyat 2017 yang diadakan di Pontianak pada bulan Juli 2017. Terdapat beberapa destinasi pasar tradisional yang menjadi perhelatan event ini seperti pasar senggol, pasar kapuas besar dan pasar tengah. Festival ini sendiri juga menjadi agenda pariwisata Pontianak untuk mendatangkan turis baik lokal maupun mancanegara.

Terdapat pula beberapa event dari 16 subsektor kreatif seperti literasi, fashion, film, tari dan sebagainya. Acara ini di dukung penuh oleh Rumaktif dan Pemkot Pontianak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *