Menikmati Buka Puasa Bersama di Yoookk Makan Di Rumah Pontianak

Yoookk Makan Di Rumah Pontianak – Kota Pontianak merupakan ibukota di Kalimantan Barat yang kini berkembang pesat, dimana perkembangan ini juga ditandai dengan banyaknya rumah makan di kota Pontianak.

Permasalahannya adalah banyak restoran di Pontianak yang memiliki konsep yang sama. Namun hal ini tidak berlaku bagi restoran keluarga Yoookk Makan Di Rumah Pontianak yang beralamat di Jalan Putri Candramidi Gang Nurcahaya Nomor 49 ini.

Yoookk Makan Di Rumah Pontianak

Sebelum membahas  restoran keluarga Yoookk Makan Di Rumah lebih lanjut, Setioko akan membahas mengenai salah satu konsep bancakan.  Apa itu ?  Bancakan sebenarnya bukan tradisi Kalimantan Barat, melainkan Jawa Barat.

Konsep ini memiliki definisi masyarakat menikmati aneka lauk, nasi dan sambal dalam satu wadah.  Pada umumnya makan bersama memang menjadi tradisi Indonesia di berbagai daerah yang perlu dilestarikan. Seperti Robo-robo, selamatan, tasyakuran dan lain sebagainya.

Bancakan merupakan cara menikmati makanan bersama-sama dalam satu wadah. Acara ini sering dilakukan saat selamatan ataupun syukuran.

Pada zaman dahulu, bancakan merupakan acara yang sering dilakukan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat untuk memperingati hari ulang tahun atau kelahiran anak. Aneka makanan yang termasuk didalam Bancakan ini diantaranya adalah nasi, aneka lauk, lalapan dan sambal dalam jumlah besar.

Bancakan Yoookk Makan Di Rumah Pontianak

Dalam tradisi Bancakan ini, nasi beserta lauk dialasi dengan daun pisang. Selain nasi putih, banyak juga yang menggunakan nasi liwet dengan paduan ikan teri dan potongan petai yang beraroma sedap. Aneka lauk seperti ayam goreng, ikan asin, tahu, tempe, lalapan, urap, ayam panggang serta sambal pedas.

Menurut salah satu sumber  Tradisi bancakan memiliki filosofi yang sudah mengakar dalam masyarakat. Dimana ketika kita mengadakan makan bersama dalam satu nampan maka setiap orang duduk rendah mengelilingi nampan.

Semua orang dianggap sama sehingga tak ada perbedaan apakah orang tersebut merupakan keturunan orang kaya atau miskin,  disisi umur juga tidak ada perbedaan antara orang tua atau muda.

Semua masyarakat dianggap sama statusnya. Sehingga tidak ada rasa jijik saat menyantap makanan bersama, malah mengikuti bancakan merupakan kegiatan yang menarik minat banyak anak-anak dan mampu membangkitkan selera makan mereka. Walaupun dengan lauk apa adanya.

Selain itu budaya Bancakan juga mencerminkan semangat gotong-royong dan kerukunan dalam masyarakat Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwasanya gotong royong memiliki definisi yaitu Mengerjakan sesuatu secara bersama sama. Selain itu gotong royong merupakan budaya masyarakat Indonesia yang mengakar kuat didalam nilai luhur Bangsa Indonesia.

Yoookk Makan Di Rumah Pontianak

Jika di daerah Jawa Barat Bancakan terdiri dari nasi beserta lauk dialasi dengan daun pisang. dengan paduan aneka lauk seperti ayam goreng, ikan asin, tahu, tempe, lalapan, urap, ayam panggang serta sambal pedas

Bagaimana dengan konsep yang di hadirkan oleh Yoookk Makan Di Rumah Pontianak ? Sebenarnya tidak jauh berbeda konsepnya yaitu masih menggunakan nasi yang dialasi dengan daung pisang, namun konsep yang di usung oleh Restoran Yoookk Makan Di Rumah Pontianak lebih mengutamakan lauk pauk khas kota Pontianak seperti Ayam Bakar, Rendang Jengkol, Sambal Terasi, Urapan, Ale-ale dan lain sebagainya.

Sehingga Restoran Yoookk Makan di Rumah Pontianak dianggap cocok sebagai tempat kumpul alumni, keluarga, komunitas dan sebagainya. Lalu bagaimana dengan harga ?

Sebenarnya saat Setioko menikmati buka puasa bersama di Restoran Yoookk Makan di Rumah Pontianak terlebih dahulu patungan dengan teman-teman Alumni SMP Muhammadiyah 1 tahun 1999.

Dengan mengeluarkan dana sebesar Rp. 42.000 yang hadir pada saat acara berlangsung yaitu sekitar 20 orang maka total keseluruhan adalah Rp. 840.000 dengan lauk yang bervariasi. Patut diingat bahwasanya Dana yang di sebutkan diatas adalah total keseluruhan untuk acara komunitas / alumni.

Sehingga bagi yang berkocek tipis tidak perlu mengeluarkan dana sebanyak diatas sebab untuk Saprahan Tradisional cukup mengeluarkan uang sebesar 37 ribu untuk 2 orang.

Instagram : @yoookkmakandirumah
Reservasi : 082148091919

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + twelve =