Pontianak kekurangan Darah setiap tahunnya

IMG 20170308 102253 - Pontianak kekurangan Darah setiap tahunnya

Manusia adalah makhluk sosial yang tentu tidak dapat terpisahkan antara yang satu dengan lainnya, setiap insan manusia tentu saja tidak akan dapat hidup sendiri tanpa ada yang memerhatikan sebab keduanya saling memerlukan antara yang satu dengan yang lainnya. Hal ini dikenal dengan nama kemanusiaan. Banyak cara yang diperlukan serta menunjukkan bahwasanya manusia itu memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi, bisa saja seperti memberikan donasi pertolongan, donasi sumbangan termasuk diantaranya adalah Donor Darah. Darah adalah sebuah hadiah yang tepat dan dapat diberikan kepada orang lain, Darah adalah sebuah hadiah dari kehidupan, keputusan kita untuk mendonasikan darah adalah sebuah keputusan yang tepat. Sebab dengan memberikan darah maka kita sudah memutuskan untuk menolong ribuan orang yang memerlukan nyawa.

Didalam agama apapun mendonorkan darah adalah sebuah perbuatan yang diperbolehkan. Termasuk diantaranya didalam agama Islam. Seperti yang tertera pada Surah Al-Baqarah ayat 173 yang berbunyi

“innamaa harrama ‘alaykumu almaytata waalddama walahma alkhinziiri wamaa uhilla bihi lighayri allaahi famani idthurra ghayra baaghin walaa ‘aadin falaa itsma ‘alayhi inna allaaha ghafuurun rahiimun”

”Sesungguhnya Allah mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang (yang pada saat disembelih) disebut nama selain Allah. Tetapi barang siapa dalam keadaan terpaksa yaitu memakannya sedang ia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tiada dosa baginya, sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.

Dimana pada ayat ini merujuk bahwasanya diperbolehkan menerima darah pada saat sang penerima atau pada saat kelahiran bayinya. Anak-anak yang menderita anemia akibat dari Malaria atau kekurangan gizi, Seseorang yang menderita trauma dan berbagai macam penyakit komplit lainnya termasuk diantaranya penderita kanker darah atau leukimia.

IMG 20170308 102226 - Pontianak kekurangan Darah setiap tahunnya

ini merupakan kondisi seseorang yang dalam keadaan kritis. Sementara itu didalam dunia kesehatan Transfusi darah diperlukan bagi Wanita yang hamil namun memiliki berbagai macam kompilasi seperti ctopic prenancies dan haemoorhage sebelum, saat atau pada pasca kelahiran

Sayangnya, dewasa ini masyarakat terutama di daerah perkotaan kurang begitu memperdulikan akan fungsi dan kegunaan dari Donor Darah ini. Aku tidak menyalahkan orang yang memang tidak bisa mendonorkan yang disebabkan oleh HB yang rendah, Kurang Darah atau terdapat sejenis penyakit tertentu. Namun yang kusalahkan pada artikel ini adalah orang yang tidak mau mendonorkan darahnya.

Atas dasar kemanusiaan diatas pada tanggal 08 Maret 2017, maka diadakanlah kegiatan donor darah di Aula Radio Republik Indonesia Pontianak. Acara ini sangat meriah dan banyak terdapat berbagai macam doorprize.

Yuk Donor…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *