Perbedaan Satire dan Hoax

Antara Hoax dan Satire
Antara Hoax dan Satire

Satire apa yang dimaksud dengan komedi satire ? terkadang kita sering mendapat sebuah humor yang intinya memang untuk mengkritik sebuah kebijakan pemerintah atau sebuah organisasi tertentu tanpa menyerang secara frontal.

Berdasarkan wikipedia Satire adalah  sebuah literatur atau terkadang di gambarkan melalui grafik dan performa arts dimana bentuk kebodohan, pelanggaran atau mungkin segala bentuk yang tidak sesuai dengan keinginan masyarakat menjadi sebuah bahan olokan. Dimana olokan ini merupakan tindakan kritikan untuk mempermalukan kebijakan tesebut. Bisa dikatakan Satire merupakan kritik sosial dengan menggunakan semacam humor untuk menarik perhatian didalam masyarakat.

Pada dasarnya bentuk kritikan itu sangat kasar dan kejam namun didalam satire irony is militant atau sebuah kekuatan agar humornya cepat tersalurkan. Humor ini dikemas dengan cara parodi, ejekan secara berlebihan.  Bentuk satire bisa berupa tulisan dan pidato, namun sebelum melakukan satire biasanya pihak yang kebijakannya akan di jadikan bahan lelucon sudah menyetujui akan satire tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Satire adalah suatu gaya bahasa yang dipakai dalam kesusastraan untuk menyatakan sindiran terhadap suatu keadaan. Ungkapan Satire ini biasanya disampaikan dalam bentuk ironi, sarkasme, sindiran dan parodi. Dewasa ini Satire dapat di temukan dimana saja sebagai bentuk ungkapan termasuk diantranya Meme, Literatur, permainan, komentator, acara tv dan juga lirik musik.

Sedangkan Hoax adalah sebuah berita palsu yang dibuat untuk memberikan berita palsu dimana berita palsu ini selanjutnya menjadi viral di media massa.  Hal ini dapat dibedakan dari kesalahan dalam pengamatan atau penilaian. Dimana antara kebenaran dan pengamatan yang terjadi sering tidak sinkron.

Banyak bentuk Hoax yang beredar di masyarakat dewasa ini seperti Urban Legend, pseudosciences, dan April Mop. Hoax sering dikaitkan dengan keimanan atau kepercayaan seseorang seperti Agama sebagai bahan olokan.

 Terdapat perbedaan antara Hoax dan Satire yaitu

  1. Satire biasanya memang digunakan untuk mengkritik seseorang atau bahkan diri sendiri seperti acara-acara Stand Up Comedy sedangkan

  1. Hoax merupakan fakenews atau berita palsu didalam Islam hal ini sangat dilarang sebab seorang Muslim diharuskan untuk tabbayyun atau mencari kebenaran terlebih dahulu.

Namun kenyataan yang terjadi kita sering mendapatkan berbagai berita satire dan akhirnya kita tenggelam dengan berita tersebut seperti

Mark Zuckerberg adalah seorang muallaf yang memiliki nama Mark Abubakar

Contoh lain misalnya suatu saat ada berita bahwa penyanyi Charlie Puth adalah orang Indonesia yang memiliki nama Kholil Fathurrahman, atau

Ed Sheeran memiliki keturunan saudara dengan Shieraan Sungkar. Channing Tatum memiliki keluarga dengan artis Ariel Tatum. Meskipun berita seperti ini belum muncul untuk saat ini. Namun seperti inilah sebuah berita hoax atau satire menyerang

Penulis pernah menemukan di wikipedia berbahasa Indonesia bahwasanya Al-Pacino lahir di Jakarta “ sebelum akhirnya berita itu di benarkan lagi oleh orang lain.”

Benarkah itu ? Jawabannya itu adalah sebuah satire atau sindiran, dimana berita seperti ini sering di muat sebuah situs yang memang di tujukan untuk mentertawakan dan berisikan berita yang tidak benar.

Sayangnya di beberapa blog Indonesia berita tersebut sering di copas dari blog satu ke blog yang lain. Entah apa maksud dan tujuannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 1 =