Kelas Manajemen Keuangan Bekraf Hotel Grand Tulip Pontianak

sko3 1024x576 - Kelas Manajemen Keuangan Bekraf Hotel Grand Tulip Pontianak
Kelas Manajemen Keuangan Bekraf

Berdasarkan sumber di Wikipedia Finansial Manajemen Manajemen Keuangan atau Financial Management refers to the efficient and effective management of money (funds) in such a manner as to accomplish the objectives of the organization.

Atau memiliki pengertian bahwasanya Finance Manajemen merujuk kepada tingkat keefisiensi dan keefektifan cara untuk melakukan manajemen terhadap uang (Dana) untuk mencapai tujuan dari suatu organisasi atau perusahaan.

Biasanya Pimpinan atas atau owner dan bisa juga para komisaris suatu perusahaan terlibat langsung di dalam kegiatan manajemen keuangan. Namun di beberapa perusahaan kecil biasanya merekrut seseorang untuk melakukan kegiatan Finansial Manajemen.

Istilah ini memiliki makna sebagai salah satu strategi organisasi atau perusahaan pribadi didalam melakukan pengaturan terhadap keuangan mereka, Terdapat perbedaan antara Personal Finance atau Finance life Management dimana kedua dari kata tersebut mengacu kepada strategi manajemen keuangan secara individual. Termasuk cara untuk menjadikan perusahaan yang kecil menjadi perusahaan besar. Atau Raise the Capital.

Dan tidak hanya budget untuk jangka panjang, namun juga bagaimana mengalokasikan dana untuk jangka pendek. Termasuk juga diantaranya kebijakan para pemegang saham.

Disisi lain Financial Management atau Manajemen keuangan juga memiliki sudut pandang sebagai suatu cara untuk Perencanaan, Pengorganisasian, Pengaturan dan Pengendalian atau di singkat menjadi P.O.D.C., suatu aktifitas keuangan seperti proses pengaturan dana yang dimiliki suatu perusahaan.

Dengan demikian, Manajemen umum memiliki kekuasaan untuk mengaturan uang dalam suatu perusahaan.

Dari pengertian diatas maka disimpulkan bahwasanya manajemen keuangan memiliki kaitan erat dengan akuntansi, dimana akuntansi ibaratkan kendaraan bagi jalannya suatu perusahaan.

Terdapat beberapa manfaat yang dapat diambil pada manajemen keuangan, tiga diantaranya adalah :

  1. Memperjelas Rencana Keuangan

 

Rencana keuangan tidak hanya diperlukan pada saat dimulainya suatu bisnis. Dalam pengembangan bisnis pun rencana keuangan yang jelas dapat menjadi pedoman dalam membelanjakan uang. Tanpa rencana keuangan, pengeluaran akan menjadi tidak efisien. Dengan demikian ketika kita menyusun rencana keuangan,  maka kita bisa memprediksi jumlah pemasukan dan pengeluaran selama beberapa periode ke depan. Ini dapat memberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan profit.

b.     Mengetahui Jumlah Utang

Salah satu tujuan perusahaan dalam melakukan manajemen keuangan adalah untuk mengetahui berapa kekayaan yang dimiliki perusahaan dan berapa besar utang yang ditanggung. Ini akan memudahkan didalam pengambilan sebuah keputusan untuk memajukan perusahaan, apakah akan mencari pinjaman atau mengelola sendiri dana yang sudah ada untuk digunakan dalam pengembangan bisnis.

c.      Mengendalikan Keuangan Saat Terjadi Perubahan

Salah satu fungsi utama manajemen keuangan yang mendasar adalah mengendalikan keuangan perusahaan itu sendiri. Baik bagi usaha kecil dan menengah maupun perusahaan yang sudah mapan, jika pengeluaran tidak terkendali maka dapat membawa pada penurunan profit dan kebangkrutan. Sebanyak apapun pemasukan, jika pengeluarannya tidak terkendali, maka tidak akan ada artinya.

Sebenarnya masih banyak manfaat pengelolaan keuangan bagi suatu perusahaan yang jarang di fahami oleh para pengusaha muda. Pada tanggal 18 Agustus 2017, pihak Bekraf bekerjasama dengan Pontianak Creative Association dan Rumaktif menggelar Pelatihan kelas Management yang diadakan di Hotel Grand Tulip Jalan Teuku Umar Pontianak.

Hadir sebagai narasumber yaitu Ahmad Gozali dimana beliau juga salah satu penulis buku Habiskan saja gajimu dan narasumber di Mata Uang Tv One.

 

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *