Kegiatan Sosialisasi Fasilitas Pembiayaan Jaminan Kredit UMKM

sosil copy - Kegiatan Sosialisasi Fasilitas Pembiayaan Jaminan Kredit UMKM
Sosialisasi fasilitas pembiayaan jaminan kredit umkm di kota Pontianak

Pada dasarnya perekonomian kreatif mampu meningkatkan tingkat ekonomi yang lebih tinggi dan maju, seperti halnya yang pernah terjadi di negeri Cina. Dimana tingkat pertumbuhan di negeri tirai bambu itu meningkat sebesar 6.9 persen pertahunnya, berdasarkan tahun pertama.

Dengan performan seperti itu maka market di negeri Cina menjadi besar dan berpengaruh terhadap masa depan dunia. Banyak analisis mengatakan bahwa Cina akan menjadi negara superpower selain Amerika Serikat di masa depan.

Di tahun pertama. Cina berhasil menumbuhkan sebesar 31.1 persen setiap tahun dimana 16.3 persen merupakan pertumbuhan di bidang ekspor. Hal ini tentu tak dapat dipungkiri bahwasanya kemajuan perekonomian mereka ditumpang oleh adanya ekonomi kreatif.

Creative Economy atau Ekonomi Kreatif pada dasarnya di ciptakan oleh John Hawkins pada tahun 2001, berdasarkan sebuah novel imajinasi karyanya. Dimana Ekonomi kreatif berkaitan erat dengan UMKM dan lebih baik daripada ekonomi tradisional yang masih menggunakna tanah, buruh dan sistem kapitalisme.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwasanya ekonomi kreatif sangat berkaitan dengan UMKM dimana perekonomian kreatif menjadi alasan mengapa UMKM terus berkembang.

Pada dasarnya  sektor usaha mikro kecil menengah merupakan salah satu motor penggerak perekonomian Indonesia  hal  itulah yang terus menjadi fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berdasarkan dari beberapa sumber yang berhasil penulis himpun, bahwasanya jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai empat puluh sembilan juta dan diprediksi menyerap lebih dari seratus tujuh juta tenaga kerja. Kontribusi sektor UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) pun semakin hari semakin meningkat selama kurun waktu lima tahun terakhir ini.

Hal ini tampak jelas dari sebuah survey yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dimana sektor UMKM mengalami lonjakan dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen di tahun 2016.

Di antara UMKM, industri ekonomi kreatif juga tercatat berkembang positif dengan pertumbuhan 5,6 persen antara 2010-2013. Industri ini menyumbang 7,1 persen terhadap PDB dan menyerap sekitar 12 juta tenaga kerja serta mampu menjadikan salah satu ranah andalan untuk mendorong peningkatan pendapatan masyarakat.

Dengan hasil analisa diatas maka Ekonomi Kreatif mampu menekan tingkat pengangguran suatu negara.

Pada tanggal 10 Agustus 2017 diadakanlah kegiatan sosialisasi fasilitas pembiayaan jaminan kredit UMKM di kota Pontianak, dimana kegiatan ini sendiri diadakan di kantor walikota Pontianak. Jalan Rahadi Usman Nomor 3.

Pertumbuhan UMKM di kota Pontianak menjadi salah satu alasan mengapa kegiatan ini di adakan.  Hadir sebagai Narasumber Bapak Heri Halidi dari Jamkrida, Bapak Agus Subardi SE.MM dari Bank Pasar., Bapak Muhammad Fahmi dari BDS dan Bapak Agus dari Bank Kalbar.

Acara ini sendiri berakhir pada pukul 12.30 Wib., yang di akhiri dengan makan siang secara bersama.

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *