Jangan menyerah lakukanlah perubahan

change 510x340 - Jangan menyerah lakukanlah perubahan

Lakukanlah perubahan ? mengapa kita harus melakukan perubahan ?  Perubahan adalah transformasi dari keadaan yang sekarang menuju keadaan yang diharapkan di masa yang akan datang, menuju suatu keadaan yang lebih baik.

Mengapa hidup harus ada perubahan  Mengapa harus ada perubahan? Mengapa tidak menerima apa adanya kondisi saat ini? Mengapa harus mengambil resiko dalam kehidupan? filsafat Freire mengatakan yang bertolak dari kenyataan bahwa ada sebagian manusia yang menderita sedemikian rupa. Sebagian lagi justru menikmati jerih payah orang lain dengan cara yang tidak adil.

Namun yang pasti hidup tidak untuk menyerah Pribadi pantang menyerah (tangguh) adalah tidak lain sebutan bagi pribadi yang tidak merasa lemah terhadap sesuatu yang terjadi dan menimpanya. Pribadinya menganggap sesuatu yang terjadi itu dari segi positifnya. Ia yakin betul bahwa sekenario Allah itu tidak akan meleset sedikit pun.

Pribadi pantang menyerah dan tangguh ini, tidak lain adalah pribadi yang memiliki kemampuan untuk bersyukur apabila ia mendapat sesuatu yang berkaitan dengan kebahagiaan, kesuksesan, medapat rezeki, dll. Sebaliknya, jika ia mendapati sesuatu yang tidak diharapkannya, entah itu berupa kesedihan, kegagalan, mendapat bala bencana, dll., maka ia memiliki ketahanan untuk selalu bersabar. Dan pribadi seperti ini memposisikan setiap kejadian yang menimpanya adalah atas ijin dan kehendak Allah. Ia pasrah dan selalu berusaha untuk bangkit dengan cara mengambil pelajaran dari setiap kejadian tersebut.

Kalau di tengah usia kita ini begitu banyak keinginan dan hal-hal yang ingin di raih, itu wajar. Yang tidak wajar adalah ketika segala keinginan itu tidak disertai dengan usaha, hanya duduk manis dan berangan, berencana di atas kertas dan seolah-olah semuanya mudah diwujudkan.
Akan ada banyak rintangan dan tantangan. Perjuangan yang tidak sederhana dan membutuhkan pengorbanan yang juga tidak sederhana. Waktu, tenaga, pikiran, dan juga perasaan.

Ujian untuk memperjuangkan semua itu tidak hanya datang dari dalam diri sendiri. Mungkin dari keluarga terdekat, teman, orang-orang di sekitar, bahkan dari orang-orang yang tidak dikenal. Perkataan menyakitkan pun akan sering berdatangan. Bahkan keraguan kita terhadap diri sendiri pun semakin sering kita rasakan.

Kalau semua itu datang dan kita merasa begitu lelah pada perjuangan kita. Duduklah sebentar tapi jangan berhenti. Kalau berhenti nanti tidak sampai di tujuan. Kadang bahkan kita harus melangkah mundur sebentar, mengambil jarak, atau untuk melihat ulang jalan di depan kita, atau bahkan mencari ulang pijakan yang lebih kuat. Intinya adalah jangan berhenti.

Karena sudah banyak orang yang menyesal karena dulu di masa mudanya tidak melakukan hal-hal yang ingin dilakukan. Ketika segala keinginan itu tidak menjadi terwujud, menjadi sesal, ketika ingin mewujudkan kemudian ingat bahwa usia sudah tidak pantas melakukan hal-hal itu.
Karena waktu tidak pernah bisa diajak jalan kembali, maka beranjaklah. Belum saatnya berhenti.

Jangan pernah berhenti dan jangan pula menyerah itulah kunci kesuksesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *