Blog setioko resmi pindah ke wordpress

foto 1024x449 - Blog setioko resmi pindah ke wordpress
Blog setioko resmi pindah

Perubahan tampilan, kiranya itulah yang penulis ulas pada artikel kali ini, tepatnya pada tanggal 07 Agustus 2017,  Blog Setioko yang dahulu dikenal dengan nama tokakireview telah berubah cms dari blogspot ke wordpress.

Ada beberapa alasan mengapa Setioko mengubah menjadi wordpress dari blogspot. Diantaranya adalah masukkan beberapa Blogger dari luar Kalimantan Barat yang menginginkan adanya komentar di blog yang lama, yaitu di blogspot.

Penulis sadar bahwasanya di template blog yang lama tidak dapat ditemukan kolom komentar untuk versi mobilenya, sehingga dianggap template tersebut tidak responsive, meskipun dari segi Search Engine Optimizer, template tersebut sangat diunggulkan. Hal ini terbukti pada saat perlombaan SEO Internal khusus untuk Komunitas Blogger Pontianak atau Buda’ Blogger yang bertemakan Pontianak Kota Bersinar pada bulan puasa tahun 2016 yang lalu. Dimana penulis menjadi juara empat pada perlombaan SEO tersebut.

Mengenai template sendiri mungkin sebagian bertanya mengapa penulis lebih menyukai theme magazines ?

Sebenarnya penulis tidak begitu suka dengan theme seperti ini dan penulis lebih menyukai theme portofolio. Tapi dikarenakan begitu banyaknya kategori di blog, maka penulis lebih memilih theme magazines.

Bukankah di blogger bisa komentar melalui mobile phone ?

Benar, namun alasan mengapa penulis merasa blogspot memiliki sebuah kekurangan diantaranya adalah perubahan template atau theme.

Kita harus melakukan koding lewat sejumlah script. Dan hal inilah yang membuat penulis merasa malas untuk coding.  Sehingga penulis beralih ke WordPress.

Coding itu membutuhkan otak yang fresh dan pemikiran yang cemerlang sebab coding sangat menguras tenaga terutama di algoritma sebab bahasa Komputer sangat berbeda dengan bahasa manusia.

Tapi toh, tak ada salahnya menggunakan self hosted dari wordpress dimana untuk domain penulis menggunakan jasa Rumahweb, sedangkan hosting penulis menggunakan jasa dari hadoi. Biaya pertahun terbilang cukup murah. Tidak lebih dari 200 ribu.

Beberapa perusahaan besar termasuk aktris hollywood, Beyonce saja menggunakan wordpress. Sehingga tak perlu malu menggunakan wordpress.

Selain itu, menurut penulis kelebihan lain dari WordPress adalah ketika kita mengubah tampilan theme suatu blog, maka kita tak perlu melakukan coding yang aneh-aneh.

Cukup melakukan instalasi theme di blog, cukup mudah bukan ?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *