Peta Politik Pilkada Kota Pontianak

Berdasarkan dari Bahasa Politik berasal dari bahasa Yunani yaitu politikos, yang berarti dari, untuk, atau yang berkaitan dengan warga negara, Secara harfiah Politik merupakan proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.

Pengertian ini sendiri merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.

Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional.

Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain:

  • politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles)
  • politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara
  • politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat
  • politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.

Dalam konteks memahami politik perlu dipahami beberapa kunci, antara lain: kekuasaan politik, legitimasi, sistem politik, perilaku politik, partisipasi politik, proses politik, dan juga tidak kalah pentingnya untuk mengetahui seluk beluk tentang partai politik.

Tahun 2018 merupakan tahun politik.  Hal ini ditandai dengan adanya Pilkada secara serentak, sehingga hal ini mampu membuat masyarakat menciptakan sebuah opini bahwasanya Pilkada ibarat pemanasan jelang Pilpres 2019.

Tak hanya sekedar berpesta demokrasi, hal ini sepatutnya dapat menghasilkan pemimpin yang mampu menjunjung tinggi dan menyatukan perbedaan.

Salah satu ciri dari Tahun Politik adalah Banyaknya orang yang berkompetisi serta saling membunuh karakter untuk menjadi orang nomor satu di Daerah masing-masing, Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang Anggota DPR Fahri Hamzah,

“Tahun 2018 besok, ada banyak orang yang akan turun ke gelanggang melakukan kritik kepada pemerintah. Mungkin kemarin tiga tahun libur, karena sibuk atau menahan diri. Tapi tahun 2018 orang semuanya ingin jadi pemain, mereka akan ambil bagian,” tulis Fahri di akun Twitternya, @fahrihamzah, Minggu (31/12/2017).

Disamping itu tahun 2018 merupakan tahun politik penuh. Sebab, pada 2019 nanti semua pemimpin nasional dipilih bersamaan, mulai dari DPR, DPD, Presiden dan wakilnya. Artinya tahun 2018 akan penuh dengan dinamika politik.

Seperti yang terjadi di Balai Muzaki pada hari Sabtu malam, pada tanggal 20 Januari 2018. Tepatnya diselenggarakan acara Diskusi tentang siapa yang cocok untuk menjadi Walikota Pontianak pada tahun 2018.

Acara berlangsung terbit, masing-masing peserta mengemukakan pendapatnya. Acara di adakan oleh Forum Kopi dengan Beni Sulastyo sebagai ketua penyelenggara kegiatan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 1 =