Pelantikan Kepala Desa Selat Remis oleh Bupati Kubu Raya

Pelantikan Kepala Desa Selat Remis oleh Bupati Kubu Raya. Secara harfiah pengertian pelantikan adalah peresmian seseorang ketika ditetapkan, diangkat dalam suatu jabatan/tingkatan untuk diketahui layak hal ini sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Mengapa seseorang perlu dilantik untuk menduduki jabatan tertentu, hal ini dikarenakan pelantikan memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah agar seseorang memiliki tanggung jawab atas tugas dan kepercayaan seseorang yang telah diberikan kepadanya.

Pada dasarnya acara pelantikan dimulai pada pagi hari hingga menjelang siang yang dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.  Adapun susunan acara pelantikan atau yang lebih dikenal dengan nama Rundown acara pelantikan biasanya adalah

  1. PEMBUKAAN / MC GREETING
    2. MENYANYIKAN LAGU KEBANGSAAN INDONESIA RAYA
    3. PEMBACAAN DOA
    4. PEMBACAAN SURAT KEPUTUSAN
    5. PELANTIKAN
    6. PENUTUP yang dilanjutkan dengan MAKAN SIANG

Pada hari Selasa tanggal 10 April 2018, tepatnya di gedung serbaguna Kecamatan Teluk Pakedai telah dilangsungkan acara pelantikan Kepala Desa Selat Remis yang dihadiri oleh Bupati Kubu Raya Rusman Ali.

Adapun yang menjadi Kepala Desa Selat Remis oleh kali ini adalah Juliasyah dengan demikian Juliasyah telah menjabat sebagai Kepala Desa untuk ke sekian kalinya. Dimana sebelumnya Juliasyah telah menjabat sebagai Kepala Desa Selat Remis periode 2014-2018.

Sebagai Kepala Desa Selat Remis. Juliasyah di kenal sebagai sosok yang mempunyai cakrawala dan pemikiran yang luas, Hal itulah yang menyebabkan warga Desa Selat Remis memintanya untuk mencalonkan diri kembali dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Selat Remis pada pertengahan bulan Desember 2017. Disisi lain ia juga dinilai memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat dan wawasan yang luas.

Disisi lain, Juliansyah bersama isterinya kerap rajin bersilaturahmi ke rumah warga.  Beliau juga aktif untuk menghadiri pengajian, kegiatan olah raga, acara Agustusan, acara pernikahan, acara khitanan, dan lain sebagainya. Hal ini tampak pada acara Robo-robo tahun 2017, Beliau menghadirkan Wenny salah seorang penyanyi ibukota asal Kalimantan Barat ke Teluk Pakedai.

Pelantikan Kepala Desa Selat Remis 10 April 2018
Pelantikan Kepala Desa Selat Remis 10 April 2018

Sebenarnya, Bupati Kubu Raya Rusman Ali telah melantik 19 orang Kepala Desa se- Kubu Raya di Gedung Aula Bupati Kubu Raya pada tanggal 21 Januari 2018. Pada kesempatan yang sama kala itu, Bupati Kubu Raya berpesan kepada seluruh Kepala Desa

“Kepada teman-teman kepala desa yang sudah dilantik tentunya besok sudah mulai bekerja. Dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan visi misinya segera diinventarisirkan kebawahannya, agar masyarakat tidak kecewa. Kedua, para kepala desa untuk segera menyolidkan di wilayah desanya, seperti Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan lainnya agar bisa searah dalam bekerja, sehingga pembangunan desa bisa dilaksanakan dengan baik”

Selain itu ia juga menginginkan agar terjadi sinergitas antara BPD dalam melaksanakan pembangunan Desa.  Bupati Rusman Ali juga menambahkan dalam hal kontrol Anggaran Alokasi Dana Desa serta menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Wujud BPD merupakan Dewan tingkat desa dalam hal mengontrol, dan mengawasi anggaran Alokasi Dana Desa serta menetapkan Peraturan desa.

Namun, Kepala Desa Selat Remis Juliasyah tidak hadir pada saat itu, hal ini disebabkan beliau sedang melaksanakan ibadah Umroh.

Acara Pelantikan Kepala Desa Selat Remis berlangsung dengan aman dan terkendali. Sejumlah SKPD dari berbagai elemen di Kubu Raya turut hadir untuk memberikan selamat kepada Kepala Desa terpilih Juliasyah. Pelantikan Kepala Desa Selat Remis oleh Bupati Kubu Raya

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + two =