Mencicipi Bakmi Spesial Dengan Rasa Spesial di Bakmi Subuh Pontianak

Bakmi Subuh
Bakmi Subuh

Pada dasarnya Mie merupakan makanan pokok di berbagai kebudayaan dunia. Mie terbuat dari tepung yang diolah dan di giling mulai dalam bentuk dasar hingga memanjang dan juga dengan berbagai macam bentuk. Mie terkenal dengan bentuknya yang lurus panjang meskipun demikian Mie juga terdapat dalam bentuk yang bergelombang, tabung, seperti benang tipis dan juga di potong pendek.

Biasanya mi dimasak dengan cara di rebus, Namun mie juga dapat di masak dengan menambahkan minyak goreng atau garam.

Mie sering disajukan dengan bumbu didalam sebuah sup. Pada masa sekarang mie dapat disimpan dalam bentuk yang kering dan disimpan kedalam kulkas untuk dapat di gunakan pada masa mendatang.

Berdasarkan sejarah mie berasal dari Cina. Resep ini di tulis kedalam sebuah catatan yang di temukan di timur Cina pada periode (25-220 M). Pada zaman dahulu Mie sering di buat dari tepung gandum dan menjadi makanan pokok bagi penduduk Cina di masa Dinasti Han

Sebuah artikel yang dilansir dari Nature menyebutkan bahwa Mie telah di konsumsi sejak 4000 tahun yang lalu di Cina hal ini di buktikan dengan adanya sebuah mangkok yang telah berusia 4000 tahun oleh tim Arkeolog, pada tahun 2005.

Mie sendiri terkenal dengan berbagai macam variasi nama seperti Mie Instant, Spagheti, Makaroni, Kwietiau, Pasta, Lasagna serta Bakmi dimana kali ini kita akan membahas mengenai Bakmi.  Berdasarkan sumber dari Wikipedia Bakmi adalah salah satu jenis sajian mi yang dipopulerkan oleh pedagang-pedagang Tiongkok ke Indonesia.

Bakmi juga sering disebut yamien atau yahun. Bakmi juga merupakan makanan yang terkenal terutama di daerah-daerah “pecinan” di Indonesia. Biasanya bakmi telah diadaptasi dengan menggunakan bumbu-bumbu Indonesia. Tebalnya bakmi adalah antara Mian Cina dan Udon Jepang, selain itu ada berbagai variasi bakmi di Indonesia.

Berdasarkan kata Bakmi berasal dari dua kata yaitu Bak yang berarti Daging Babi dan Mie yang berarti Mie. Meski demikian Bakmi sendiri telah halal di Indonesia hal ini bukan karena berdasarkan dari kata melainkan Bahan Baku dimana Bakmi telah di masak dengan menggunakan daging sapi dan juga termasuk diantaranya Hidangan laut seperti kerang dan ikan.

Berbicara mengenai Bakmi kali ini penulis akan memperkenalkan sebuah sajian Bakmi lezat yaitu Bakmi Subuh yang beralamat di Jalan Uray Bawadi tepatnya di samping kantor Gerindra Pontianak.

Bakmi Subuh sendiri berasal dari Singkawang yaitu sebuah kota yang berada di Kalimantan Barat.  Dimana kota ini sendiri terkenal dengan amoy atau pecinan. Meskipun demikian Bakmi subuh tidak menggunakan bahan yang diharamkan oleh Agama Islam.

Ya, Bakmi Subuh menggunakan daging sapi dan juga seafood, untuk rasa sendiri bisa dibilang sangat terpuaskan dan menjadi alternative jika ingin berkunjung ke Kalimantan Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − ten =