Kuliah Kerja Usaha Universitas Muhammmadiyah Pontianak di Kecamatan Teluk Pakedai

Kuliah Kerja Usaha Universitas Muhammmadiyah Pontianak di Kecamatan Teluk Pakedai
Kuliah Kerja Usaha Universitas Muhammmadiyah Pontianak di Kecamatan Teluk Pakedai

Kuliah Kerja Usaha Universitas Muhammmadiyah Pontianak di Kecamatan Teluk Pakedai – Pada dasarnya Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau yang saat ini dikenal dengan nama KKU merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan tujuan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Seperti yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Pontianak yang telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Umum Universitas Muhammmadiyah Pontianak di Kecamatan Teluk Pakedai.

Kegiatan ini sendiri telah dilaksanakan selama empat puluh hari yang dimulai sejak pertengahan Agustus 2018.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, yang di mulai sejak tahun 1971.

Kuliah Kerja Usaha Universitas Muhammmadiyah Pontianak di Kecamatan Teluk Pakedai

Berdasarkan sejarah, Pada tahun 1971 Direktur Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan tiga universitas yaitu Universitas Andalas di bagian barat, Universitas Gadjah Mada di bagian tengah, dan Universitas Hasanuddin di bagian timur, sebagai perintis proyek kegiatan pengabdian masyarakat. Proyek perintis ini dikenal dengan nama Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat.

Hasil laporan dan evaluasi dari ketiga perguruan tinggi perintis proyek ini dipaparkan pada Rapat Rektor Universitas atau Institut Negeri pada bulan Maret 1972, setelah selesai rapat tersebut Direktur Pendidikan Tinggi meminta 13 Universitas di 13 provinsi untuk melaksanakan proyek perintis kuliah kerja nyata pada tahun ajaran 1973-1974.

Kegiatan Kuliah Kerja Usaha Universitas Muhammmadiyah Pontianak di Kecamatan Teluk Pakedai ini sendiri merupakan bagian dari penyelenggaraan pendidikan  dalam bentuk kegiatan pengalaman ilmu, teknologi, dan seni oleh mahasiswa kepada masyarakat. Adapun kegiatan Kuliah Kerja Usaha Universitas Muhammadiyah Pontianak di Kecamatan Teluk Pakedai dilaksanakan secara melembaga dan terstruktur sebagai bagian dari pelaksanaan kurikulum pendidikan tinggi, yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa program studi ilmu hukum strata satu (S1) dengan status intrakurikuler wajib.

Melalui KKU/KKN-PPM, mahasiswa memperoleh pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan IPTEKS. Secara lebih nyata, KKU/KKN-PPM merupakan media penerapan IPTEKS di masyarakat secara sistematis dalam program pemberdayaan masyarakat. Kegiatan KKU/KKN-PPM juga diharapkan menjadi pendorong pengembangan riset terapan secara mutualistik dalam rangka membantu menyelesaikan permasalahan di masyarakat serta mengembangkan kepekaan rasa dan kognisi sosial mahasiswa. Bagi pemerintah daerah dan masyarakat setempat, kegiatan KKU/KKN-PPM dapat membantu percepatan proses pembangunan serta membentuk kader penerus kegiatan pembangunan.

Pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Usaha Universitas Muhammadiyah Pontianak 2018

Kegiatan KKU Universitas Muhammadiyah Pontianak di Kecamatan Teluk Pakedai secara resmi telah di tutup pada tanggal 17 September 2018 yang bertempat di Gedung Serbaguna Kecamatan Teluk Pakedai.

Adapun tujuan yang berhasil dicapai pada kegiatan tersebut adalah munculnya kewirausahaan atau pelatihan dasar kerajinan tangan seperti membuat tempat lampu dari kelapa selain itu juga pelatihan keagamaan sebagai salah satu cabang dari kemuhammadiyahan. Setioko – Kuliah Kerja Umum Universitas Muhammmadiyah Pontianak di Kecamatan Teluk Pakedai

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × three =