Kopdar Blogger Pontianak bersama Mira Utami

Kopdar Blogger Pontianak bersama Mira Utami, Kopdar Blogger Pontianak Zero to Hero. Komunitas Blogger Pontianak atau yang lebih dikenal dengan nama Buda’ Blogger adalah sebuah komunitas resmi yang terbentuk di  kota Pontianak pada tanggal 1 Juli 2012.  Adapun lahirnya Buda’ Blogger berawal dari deklarasi para blogger di Kalimantan Barat  yang memiliki kesamaan ide terhadap dunia Blog.

Sebenarnya blogger merupakan sebuah layanan milik Pyra labs yang kemudian diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Google kemudian menambah subdomain pada perusahaan ini menjadi .blogspot.com,

Lalu darimana sejarah blogger ini berasal ? Sejatinya blogger pertama kali lahir pada tanggal 23 Agustus 1999, oleh Pyra labs. Hal ini lantas menjadikan piranti blog pertama di dunia, sayangnya blog ini hanya bisa dimiliki oleh orang yang memiliki uang.

Barulah dikemudian hari yakni pada tanggal 23 Agustus 2003 Google membeli saham blogger dan mengubah nama menjadi blogspot. Pada tahun  berikutnya yaitu 2004, Google juga membeli saham Picasa serta mengintegrasikannya dengan blogspot.

Secara resmi Blogspot mulai diperkenalkan kepada dunia pada bulan Mei 2007, sebab pada tanggal 14 Agustus 2006 Blogger masih membuat versi Beta yang bernama Invader, adapun versi beta ini merupakan proses migrasi dari Blogger milik Pyra Labs ke Google. Baru pada Mei 2007 proses Migrasi ini selesai dilaksanakan.

Seiring dengan migrasi layanan Blogger ke server Google ini, beberapa fitur baru kemudian diperkenalkan, diantaranya meliputi manajemen label, interface, antarmuka, penataan layout template dengan cara geser dan letakkan atau drag and drop), izin pembacaan blog (untuk membuat blog-blog pribadi) dan opsi web feed yang baru. Lebih lanjut, kini setiap blog dapat diperbaharui secara dinamis dan otomatis dimana sebelumnya setiap posting atau komentar baru harus ditulis dengan cara menulis ulang file html, tentu hal ini sangat merepotkan bagi yang tidak mengerti pengkodean atau malas melakukan pengkodean.

Dewasa ini Blogger sudah berubah nama menjadi profesi blog bukan lagi nama sebuah perusahaan. Sebab setiap orang yang suka menulis di Blog dapat dikatakan sebagai Blogger, meskipun mereka menulisnya di WordPress yaitu layanan CMS yang juga dapat diperlakukan sebagai Blog. Bahkan sebagian ada juga orang yang menulis Blog dengan platform Joomla. Meskipun jarang ditemukan.

Kopdar Blogger Pontianak Bersama Mira Utami
Kopdar Blogger Pontianak Bersama Mira Utami

Syarat utama menjadi seorang Blogger tidaklah sulit, sebab kita tak perlu mengeluarkan uang jutaan atau membeli server. Cukup dengan cara menulis. Ya Menulis, tulislah apa yang ada di pikiran kita, namun  perlu diingat jika kita asal menulis maka niscaya tulisan kita takkan dibaca banyak orang sebab Blog juga memiliki standar agar tulisan kita bisa dibaca banyak orang dan berada di halaman pertama pencarian Google.

Menjadi blog juga bisa menjadi seorang jutawan, namun hal ini janganlah dijadikan prioritas utama sebab jika kita mengejar uang melalui Blog. Jangan harap keinginan ini dapat tercapai dengan sesegera mungkin.

Menjadi seorang blogger tentu ada rasa enak, sebab kita bisa berbagi dan menuangkan isi yang ada di pikiran kita melalui tulisan.

Kali ini Setioko akan membahas bagaimana cara agar tulisan kita berada di halaman pertama pencarian Google. Tentu dengan menggunakan sebuah system yang bernama Search Engine Optimization atau yang lebih akrab dikenal dengan nama SEO.

Pada tanggal 8 April 2018, Komunitas Blogger Pontianak bersama Pontianak Creative mengadakan sebuah acara yang bertajuk SEO From Zero to Hero di Aula Telkom Pontianak. Acara ini mengajarkan bagaimana cara menulis blog dan dibaca banyak orang tentu dengan tekhnik penulisan SEO yang benar.

Acara ini juga dihadiri oleh Mira Utami yaitu seorang blogger perempuavn yang berdomisili di Jakarta. Sekedar informasi Mira Utami yang memiliki blog Miramiut.com merupakan seorang yang juga senang dengan dunia seni tari, Ibu yang memiliki seorang putra ini juga mengajar tari mulai dari usia Play Group, SLB, SD, SLTP, SLTA.

Bang Qbenk selaku narasumber mengatakan bahwa “Keyword merupakan modal utama dari sebuah SEO maupun Blog. Sebab hal ini ibaratkan sebuah rumah dan pondasi.”

Acara Kopdar Blogger Pontianak Bersama Mira Utami juga dimeriahkan dengan doorprize dan juga pengenalan produk dari Telkom.

Kopdar Blogger Pontianak Bersama Mira Utami

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − eleven =