Deddy Supriadi terpilih menjadi Ketua Himpu Periode 2018 – 2022

Ketua Himpu Periode 2018 – 2022,  Sebelum kita membahas mengenai Himpu, Setioko akan mencoba melakukan flashback tentang sejarah Himpu.   Himpu adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang kewirausahaan, Himpu didirikan pada bulan Maret tahun 2016, dimana Himpu sendiri memiliki akronim yaitu Himpunan Pelaku UMKM Kota Pontianak.

Pada saat didirikan, Himpu memiliki tujuan yaitu fokus pada pembinaan UMKM di Kota Pontianak dan keanggotaan Himpu sendiri terdiri dari gabungan para pelaku UMKM di Pontianak.

Himpu memiliki misi diantaranya adalah

  • Menyatukan dan membina pelaku UMKM dalam suatu wadah organisasi yang terpadu
  • Meningkatkan akses pemasaran, jaringan usaha dan pengembangan UMKM
  • Meningkatkan akses Permodalan dan Pembiayaan bagi UMKM
  • Mendorong kemandirian dan daya saing UMKM

Keberadaan UMKM dewasa ini mampu mendewasakan sebuah Negara UMKM juga telah membantu perekonomian di beberapa negara berkembang seperti di negara Brazil, Rusia, India, Cina dan Meksiko.

Kinerja nyata yang dihadapi oleh sebagian besar usaha terutama mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia yang paling menonjol adalah rendahnya tingkat produktivitas, rendahnya nilai tambah dan rendahnya kualitas produk

UMKM sangat berperan penting untuk mengatasi dan mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia. Selain itu, ia telah mampu pula berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan pada negara.

“UMKM juga telah membantu perekonomian di beberapa negara berkembang seperti di negara Brazil, Rusia, India, Cina dan Meksiko.”

Krisis global dunia telah menggagalkan, bahkan membangkrutkan banyak bisnis di dunia. Di tengah krisis global yang melanda dunia tahun 2008-2009.

Indonesia juga menjadi salah satu negara korban krisis global, walaupun kita telah belajar dari pengalaman sebelumnya bahwa sektor UKM tahan krisis, namun tetap saja harus ada kewaspadaan akan dampak krisis ini terhadap sektor UKM.

Ketua Himpu periode 2018 – 2022

Berikut Setioko akan memberikan sedikit informasi mengenai ketua Himpu yang baru yaitu Deddy Supriadi.

Deddy Supriadi adalah seorang pria kelahiran Kota Pontianak pada tanggal 30 November 1982. Ia memulai usaha sejak tahun 2013. Dimana sebelumnya, ia bekerja di sebuah perusahaan penjualan mobil di Jalan Imam Bonjol Pontianak.

Hal yang membuatnya berhenti bekerja adalah kondisi kesehatan anak pertamanya, Kelata Deviza Putra (Deza) yang sejak lahir di vonis mengidap kelainan jantung –Kini anak sulungnya telah menghadap sang Maha Pencipta—

Pria lulusan D3 Manajemen Perkantoran ASMI Pontianak ini pun mulai mencoba membuka usaha cemilan khas Kota Pontianak. Usaha pertama yang dirintisnya adalah cokelat Billionaire, Setelah berkembang ia mulai merambah ke penjualan cemilan lainnya yaitu Kripis (Kripik Pisang), Cempon atau Cemilan Pontianak.

Pada awal mulai karirnya suami dari Nurmiza ini tidaklah mulus.  Bahkan, tak satu pun toko baik tradisional maupun modern yang mau “membuka pintu” untuk menerima dan menjual produknya.

Namun saat ini usahanya mulai berkembang hingga ke Jerman dan luar negeri.  Film yang menjadi latar belakangnya memulai usaha adalah Billionaire yang bercerita tentang seorang pemuda biasa yang berkeinginan memiliki usaha. Di tengah kondisi ekonominya yang susah, ayahnya yang juga terlibat hutang, bingung sampai akhirnya dia bisa keluar mengatasi masalah-masalahnya.

Ketua Himpu periode 2018 – 2022

Terpilihnya Deddy Supriadi sebagai Ketua Himpu periode 2018 – 2022 untuk menggantikan ketua sebelumnya yaitu Abdurrahman, memberikan sebuah angin baru untuk dunia UMKM di Kalimantan Barat khususnya di kota Pontianak. Dalam agenda Musyawarah Anggota Tahunan 2018 Himpu.

Hal ini disebabkan keinginan pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk melebarkan sayap Himpu hingga ke tingkat provinsi dan bukan lagi di tingkat kota.

Perkembangan Himpu saat ini sudah dibilang berhasil, hal ini di buktikan dengan banyaknya produk UMKM local yang di jual di Retail Modern seperti Transmart, Carefour, maupun Hypermart. Ketua Himpu periode 2018 – 2022

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × one =