HUT Himpu 2018 : Sinergitas antara Spiritual Didalam Kewirausahaan

Hut Himpu – Kewirausahaan adalah sebuah proses mendesain, peluncuran dan jalannya sebuah bisnis yang baru dimana hal ini sering dimulai dengan bisnis kecil.  Setiap orang yang menjalani model wirausaha adalah Pengusaha.

Kewirausahaan sering digambarkan sebagai “suatu kapasitas atas sebuah keinginan untuk mengembangkan, pengorganisasian dan mengatur sebuah bentuk bisnis dengan menekan resiko sekecil mungkin untuk meningkatkan profit atau keuntungan. Ketika sebuah pengertian dari kewirausahaan focus untuk peluncuran dan jalannya suatu model usaha, maka resiko besar tentu masih tetap ada. Resiko tersebut adalah “kekurangan dana, keputusan yang salah, dan krisis ekonomi, kesalahan didalam pemasaran atau bahkan kombinasi atas semuanya”

Dewasa ini peran wirausaha sangat penting untuk menumbuhkan perekonomian di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut :

Membuka Lapangan Kerja

Dengan jiwawirausaha, faktor-faktor produksi dapat dikombinasikan sehingga dapat menghasikan produk baru. Dengan adanya produksi maka kesempatan kerja menjadi Iebih terbuka dan hal ini memberikan peluang bagus pengurangan tingkat penganguran.

Meningkatkan Pendapatan Nasional

Dengan munculnya produk-produk baru, balk berbentuk barang maupun jasa, dapat memberikan sumbangan bagi naiknya pendapatan nasional melalui peningkatan jumlah produksi barang dan jasa.

Mengurangi Kesenjangan Ekonomi dan Sosial

Dengan munculnya banyak kesempatan berproduksi maka kesenjangan antara masyarakat yang berpenghasilan tinggi dan masyarakat yang berpenghasilan rendah dapat dikurangi.

Mendorong Terciptanya Masyarakat Adil dan Makmur

Dengan makin banyaknya wirausahawan yang dapat mengolah kekayaan alam, berarti akan membuka peluang untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang sekaligus akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penghasilan Berupa Devisa

Wirausaha yang bergerak dalarn produksi barang danjasa yang diekspor akan memiliki peran dalam menghasilkan devisa. Devisa mi sangat diperlukan untuk mengimpor barang-barang modal yang diperlukan. Dengan demikian, perkembangan ekonomi nasional dapat dipercepat.

Bahkan dewasa ini Wirausaha menjadi materi pelajaran bagi siswa di Sekolah Menengah Umum dan menjadi pekerjaan sampingan bagi setiap Pegawai Negeri Sipil. Sebab kewirausahaan adalah modal penting untuk terciptanya sebuah perekonomian yang sehat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya. Sedangkan hasil lokakarya Sistem Pendidikan dan Pengembangan di Indonesia tahun 1978, mendefinisikan

“Wirausahawan adalah pejuang kemajuan yang mengabdikan diri kepada masyarakat dengan wujud pendidikan dan bertekad dengan kemampuan sendiri membantu memenuhi kebutuhan masyarakat yang makin meningkat dan memperluas lapangan kerja.”

Wirausahawan atau Kewirausahaan mampu membangkitkan sebuah perekonomian suatu bangsa seperti contoh Krisis Moneter yang menghantam Indonesia pada tahun 1998, ketika itu usaha yang masih mampu berkembang adalah Usaha Kecil Menengah.

Di Kalimantan Barat sendiri sudah cukup banyak komunitas yang bergerak untuk memajukan UMKM satu diantaranya adalah HIMPU.

Himpu didirikan pada  bulan Maret 2016,  HIMPU  merupakan singkatan dari Himpunan Pelaku UMKM Kota Pontianak. Tujuan didirikan HIMPU adalah  fokus pada pembinaan UMKM di Kota Pontianak.  Terdiri dari gabungan para pelaku UMKM di Pontianak,

Visi dan Misi Himpu adalah  membuat UMKM Pontianak naik kelas, terutama dalam Era Pasar Bebas MEA 2018.
Himpu telah melakukan sinergi dengan para pemangku kebijakan di Kota Pontianak, terutama Pemerintah Kota Pontianak, selain itu tujuan lainnya adalah agar informasi mengenai kebijakan pihak pemerintah daerah terhadap kepentingan para pelaku UMKM di Pontianak dapat tersampaikan.

Pada tanggal 30 Maret 2018 tepatnya di Warung Kopi Bang Edi telah dilaksanakan HUT HIMPU 2018, yang juga merupakan HUT HIMPU yang kedua setelah sebelumnya acara ini diadakan di aula rumah Walikota Pontianak Jalan K.S. Tubun pada tahun 2017.

Hadir dalam perayaan HUT HIMPU 2018 diantaranya adalah Calon Walikota Pontianak           Ir. H. Edi Kamtono ST. MT., Lalu turut pula dimeriahi oleh siraman rohani dari salah satu pesantren yang berada di Kalimantan Barat.

Adapun tema dari HUT HIMPU 2018 kali ini adalah mensinergikan antara spiritual didalam wirausaha untuk terbentuknya Wirausaha yang mandiri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − 15 =