Bagian yang hilang dari Telukpakedai

Keberadaan suatu daerah Melayu di dunia tentu takkan terlepas dari keberadaan sebuah Sejarah, seperti halnya dengan keberadaan sejarah Teluk Pakedai. Seperti yang kita ketahui bahwasanya pada zaman dahulu Dipesisir Kalimantan Barat  terdapat sebuah pulau  kecil yang berbatasan langsung dengan laut Natuna.

Di zaman dahulu pulau ini tidak berpenghuni melainkan hanya di tumbuhi hutan kayu belantara yang sangat lebat, juga di dalamnya terdapat beberapa anak sungai yang airnya mengalir langsung kelaut.

Beberapa abad yang lalu terdampar sebuah perahu di pulau tersebut. Adapun cara pelayaran orang-orang perahu tersebut tidak diketahui asal muasalnya, namun perkembangan selanjutnya barulah di ketahui bahwasanya orang-orang  yang ada  dalam perahu tersebut tak lain adalah Puang Kecowa bersama saudaranya.

Mereka bersaudara adalah seorang suku bugis bone dari sulawesi selatan sebagaimana kita ketahui bahwa nenek monyang kita dari suku bugis terkenal sebagai kaum bahari yang gemar melaut berpindah-pindah tempat dari pulau ke pulau yang lain, daya hidup mereka bergantung pada usaha pertanian.

Demikian pula dengan halnya dengan Puang Kecowa beliaupun memutuskan untuk berlayar meninggalkan kampung halamannya mencari tanah hijau yang subur untuk dibangun lahan pertanian dan sebuah negeri dan terdamparlah perahunya di pulau  tersebut dan berlabuh disana.

Sekiranya itulah asal muasal dari keberadaan Teluk Pakedai, disamping itu kita ketahui pula bahwasanya Kecamatan Teluk Pakedai terdiri dari empat belas Desa diantaranya adalah Desa Arus Deras, Kuala Karang, Madura, Pasir Putih, Selat Remis, Seruat I, Sungai Deras, Sungai Nibung, Sungai Nipah, Tanjung Bunga, Teluk Gelam, Teluk Pakedai satu, Teluk Pakedai Dua dan Teluk Pakedai Hulu.

Namun beberapa tahun mendatang kecamatan Teluk Pakedai akan berkurang empat Desa yaitu Tanjung Bunga, Sungai Nibung, Kuala Karang serta Seruat I. Hal ini dikarenakan Desa-desa yang penulis sebutkan diatas akan tergabung kedalam Kecamatan Kertamoelia.

Wacana ini sesuai dengan harapan Bupati Kubu Raya Roesman Ali adapun yang akan menjadi bagian dari Kecamatan Kertamulia adalah Desa Tanjung Bunga, Kuala Karang, Seruat I, Seruat II, Seruat III, Sui Nibung, Sepakat Baru, Sui Selamat, Mengkalang, Mengkalang Jambu dan Sui Bemban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen + 11 =